Kamis, 27 November 2014 / 3 Safar 1436 H
Profil

SEKOLAHTINGGI ILMU PERTANIAN (STIPER)

SAWAHLUNTO SIJUNJUNG

 



SEKOLAH TINGGI ILMU PERTANIAN (STIPER) SAWAHLUNTO SIJUNJUNG TELAH DIDIRIKAN OLEH PARA PEMIKIR DAN PIMPINAN PEMDA SIJUNJUNG PADA TAHUN 2003 DENGAN IZIN PENDIRIAN DAN OPRASIONAL DARI MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN SK RI NO 53/D/O/2003 DAN PERPANJANGAN IZIN TELAH DILAKUKAN PADA TAHUN 2009 DENGAN SK MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL RI NO 1931/D/T/K-X/2009   UNTUK PRODI AGROTEKNOLOGI, SK NO 1932/D/T/K-X/2009 UNTUK PRODI PETERNAKAN DAN SK NO 1930/D/T/K-X/2009 UNTUK PRODI AGRIBISNIS. STIPER DIDIRIKAN DENGAN TUJUAN UNTUK MENGISI KEKOSONGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENGEMBANGKAN PERTANIAN SECARA MENYELURUH DI KABUPATEN SIJUNJUNG.


MULAI PENDIRIAN SAMPAI SEKARANG TELAH DILAKUKAN  PERGANTIAN PIMPINAN STIPER DARI      IR. SAID ALQUDRI, PROF.DR. NOVIZAR JAMARUN, DR. JASWANDI, DAN KEMBALI KE IR SAID ALQUDRY, PERIODE 2010-2014 MELALUI PEMILIHAN DI TINGKAT SENAT YANG DISETUJUI YAPSAS DAN BUPATI SIJUNJUNG DITETAPKAN DAN DILANTIK 4 AGUSTUS 2010 YAITU DR. ADE DJULARDI. PIMPINAN INI DIBANTU OLEH BEBERAPA PEMBANTU KETUA, KTU, STAF DAN UPT (LPPM, PERPUSTAKAAN, LABORATORIUM, DAN KOMPUTER)


STIPER DIBINA DAN DIAMPU OLEH DOSEN-DOSEN BERKOMPETEN DENGAN ILMUNYA YANG BERASAL DARI UNAND, DINAS TERKAIT (PETERNAKAN, PERTANIAN DAN PERKEBUNAN), BALAI-BALAI PENELITIAN, DOSEN DPK KOPERTIS X DAN DOSEN-DOSEN YAYASAN. HASIL DIDIKAN DAN GEMBLENGAN TELAH MENGHASILKAN LULUSAN YANG MAMPU MENGUASAI IPTEK DAN INTERPENEURSHIP TERSEBAR DIBERBAGAI INSTANSI NEGERI DAN SWASTA MAUPUN BERWIRASWASTA. PADA TAHUN 2007 STIPER MELULUSKAN SARJANA SEBANYAK 61 ORANG, LALU TAHUN 2009 SEBANYAK 15 ORANG DAN TAHUN 2010 SEBANYAK 25 ORANG. LULUSAN TERBAIK TAHUN 2007 DENGAN BEASISWA BUPATI SIJUNJUNG TELAH MENAMATKAN S-2 UNAND TAHUN 2010, KINI SEBAGAI STAF DOSEN STIPER, SEDANG LULUSAN TERBAIK TAHUN 2009 MASIH SEDANG MNEMPUH S-2 UNAND.

 
PROSES PEMBELAJARAN DI STIPER DAPAT BERJALAN DENGAN BAIK KARENA DUKUNGAN DANA PEMDA YANG DISETUJUI DPRD SIJUNJUNG, DI SAMPING SPP DARI MAHASISWA YANG RELATIF MURAH DIBANDINGKAN DENGAN PERGURUAN TINGGI LAINNYA DI SUMBAR. WALAU DEMIKIAN MASIH ADA JUGA BANTUAN BEASISWA MAHASISWA DARI  DIKNAS MELALUI KOPERTIS X YANG BERUPA PPA DAN BBM, JUGA DARI NAGARI. SEBANYAK 94 MAHASISWA AWALNYA YANG DIKIRIM NAGARI-NAGARI  DI KABUPATEN, KINI TINGGAL 85 ORANG LAGI YANG MASIH MENERUSKAN KULIAH DI STIPER DARI 477 ORANG SELURUH MAHASISWA.


LINGKUNGAN STIPER SELAIN TEMPAT BELAJAR DAN KANTOR, TERSEDIA PULA LABORATORIUM, KOMPUTER, PERPUSTAKAAN, LAHAN PEMBIBITAN, DAN KANDANG TERNAK SERTA LAPANGAN OLAH RAGA SEPERTI BADMINTON, BOLA VOLI DAN SEPAK TAKRAW.


MAHASISWA SELAIN MEMPEROLEH KEGIATAN INTRAKURIKULER JUGA EKSTRAKURIKULER YANG TERHIMPUN DALAM BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM) DAN BADAN LEGISLATIF MAHASISWA (BLM) DALAM KEGIATAN KEROHANIAN, OLAH RAGA, KESENIAN, PRAMUKA DAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER LAINNYA. INFO TERKAHIR, SEKARANG SEDANG BERLANGSUNG PERTANDINGAN OLAH RAGA (BOLA VOLI DAN TAKRAW) ANTAR PRODI  DALAM MEMPEREBUTKAN PERTAMA KALINYA PIALA PIMPINAN STIPER TAHUN 2010, SELAIN ITU TELAH DIKIRIM SEORANG PANDEGA KE KEGIATAN KUARNAS PRAMUKA DI BANDA ACEH, JUGA MAHASISWA SERING MENGIKUTI KEGIATAN-KEGIATAN LAINNYA PADA KEJUARAAN, PERLOMBAAN DAN ATAU PERAYAAN HARI-HARI NASIONAL DI KABUPATEN SIJUNJUNG.


PADA SAAT SEKARANG, STIPER SEDANG BERBENAH UNTUK MEMPEROLEH AKREDITASI DARI BAN PT MUDAH-MUDAHAN TAHUN 2011 STIPER TELAH TERAKREDITASI. DUKUNGAN DARI PEMDA, DPRD, DINAS TERKAIT DAN BALAI-BALAI PENELITIAN JUGA PERGURUAN TINGGI NEGERI UNTUK MEMBANTU DALAM PEMBENAHAN PROSES PEMBELAJARAN AGAR STIPER SEJAJAR DENGAN PERGURUAN TINGGI SWASTA LAINNYA YANG SUDAH MAJU.