Portal Kabupaten Sijunjung

32 ORANG IKUTI BIMTEK PENGELOLAAN NAGARI

32 orang yang terdiri dari seluruh Sekretaris Camat, Kasi Pemerintah dan Kependudukan, Kasi Perekonomian dan Pembangunan serta petugas verifikasi APB Nagari se Kabupaten Sijunjung ikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Nagari di Hotel Bukit Gadang, Selasa (20/2).

Kegiatan ini dibuka langsung Sekretaris Daerah Sijunjung Zefnihan yang dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Syukri, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Khamsiardi.

Syukri menjelaskan bimtek ini bertujuan untuk terwujudnya aparatur pembina pemerintah nagari di kabupaten sijunjung yang kompeten, khususnya pada pengelolaan keuangan nagari.
Melakukan percepatan dalam penyusunan dan pengevaluasian anggaran pendapatan dan belanja nagari.

“Untuk saling memberi dan menerima informasi dalam rangka menyikapi perkembangan yang terjadi serta mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan tugas sebagai Aparatur pembina Pemerintah Nagari ” tambahnya.

Sekretaris Daerah Sijunjung Zefnihan dalam sambutannya mengatakan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, keberadaan Pemerintahan Nagari memiliki peranan penting sebagai salah satu pilar kokohnya penyelenggaraan Otonomi Daerah yang dituntut lebih aspiratif, kreatif dan inovatif.

Tahun 2018 dana yang dikelola oleh nagari cukup besar yakni untuk alokasi dana Nagari sebesar Rp. 56.311.981.600, dana bagi hasil pajak dan retribusi daerah sebesar Rp. 1.676.313.400 dan dana desa dari APBN sebesar Rp. 49.640.995.000 dengan total berjumlah Rp. 107.629.290.000.

Ia berharap setelah dilaksanakan bimbingan teknis ini, para aparatur pembina pemerintahan Nagari dapat saling berkoordinasi, meningkatkan kinerja dan profesionalisme kerja dalam menjalankan tugas, fungsi dan kewenangan yang dimiliki serta menambah pengetahuan dan kemampuan para peserta dalam pengelolaan keuangan Nagari terutama dalam pelaksanaan evaluasi peraturan Nagari terkait APB Nagari dengan target penyelesaian pada bulan maret Tahun 2018.

Ia juga meminta agar seluruh peserta dapat mempelajari dan lebih memahami semua peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang Nagari, sehingga dapat melakukan pembinaan kepada Pemerintah Nagari yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan Nagari.(Noven/[email protected])

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.