Portal Kabupaten Sijunjung

60 Warga Sungai Lansek Sijunjung Terserang Muntaber

Sungai Lansek, MC Sijunjung – Lebih dari 60 warga Sungai Lansek, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat terserang penyakit munta berak (Muntaber).

Kejadian Luar Biasa (KLB) ini terjadi pada 27 Juni 2019 lalu. “Anak-anak, ibu-ibu dan bapak-bapak terpaksa dilarikan ke Puskemas Sungai Lansek untuk diberi pertolongan,” jelas Naprizal Wali Nagari Sungai Lansek dan Suardi Dt Rj Pengulu Ketua BPN serta Idris Sutan Kayo Mantan Wali Nagari Sungai Lansek kepada media Rabu (3/7/2019) di Muaro Sijunjung.

Dalam penyampaian kronologis KLB Muntaber itu, mereka juga didampingi Kabag Humas Pemkab Sijunjung, Drs Yunani dan Kakankesbang Bobby Roespandi.

Atas KLB Muntaber tersebut para korban pun dilarikan ke pusat kesehatan. Bahkan tim kesehatan dari Kabupaten Sijunjung dan Propinsi pun dikabarkan sudah meninjau keadaan korban.

“Namun hingga kini apa penyebabnya belum diketahui. Nah untuk itulah kami melakukan ritual tolak bala pada Selasa (2/7/2019) malam,” jelas mereka.

Terkait kasus KLB Muntaber tersebut Kepala Dinas Kesehatan Sijunjung, drg Ezwandra, MSc pun tak menapiknya. “Iya, terhitung Senin (1/7/2019) memang ada korban sebanyak 61 orang. Dinkes Sijunjung bersama tim kesehatan propinsi sudah turun kelapangan,” jelas Ezwandra pada awak media, Rabu (3/7/2019).

“Kami juga sudah ambil sampel, air minum termasuk muntah korban untuk dibawa ke labor Padang. Namun hingga kini belum diketahui hasilnya. Sampai kini kami masih melakukan pengawasan teehadap korban-korban itu. Sebagaian sudah ada yang sembuh,” ucap Ezwandra.

karena ada KLB Muntaber itu, ratusan warga Sungai Lansek pun melakukan ritual tolak bala sesuai tradisi daerah setempat. Ritual tolak bala tersebut dilaksanakan pada Selasa (2/7/2019) malam usai magrib.

“Ritual tolak bala dilaksanakan dari Ujung koto sampai ke Koto Nagari Sungai Lansek,” ucap Naprizal Wali Sunggai Lansek. Bahkan acara ritual tersebut juga dapat pengawalan dari aparat keaman dan dishub. (Dinda/Sap)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.