Portal Kabupaten Sijunjung

ALAT UKUR, TIMBANG DAN TAKAR WAJIB TERA ULANG

Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dagperinkop UKM) Kabupaten Sijunjung kini telah memiliki UPTD Metrologi Legal guna untuk memberikan pelayanan pengujian berbagai alat-alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP).

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Perdagangan Dinas Dagperinkop UKM Muhammad Zen, Selasa (15/5) di UPTD Metrologi.

“Alat ukur yang mendapat pelayanan UPTD ini mulai dari alat ukur berat, panjang, volume, hingga argometer”, jelasnya.

“Pelayanan yang dilakukan oleh UPTD Metrologi Legal adalah tera dan tera ulang terhadap UTTP”, sambungnya.

Tera adalah tanda uji pada alat ukur, sementara tera ulang adalah pengujian kembali secara berkala terhadap UTTP dan ukuran yang dipakai dalam perdagangan, sehingga dapat memastikan akurasi setiap alat ukur, alat takar, dan alat timbang.

“Pengujian alat ukur ini wajib dilakukan oleh pelaku usaha setiap tahun, tujuannya agar konsumen merasa nyaman dan aman saat melakukan transaksi jual beli”, tuturnya.

Timbangan yang akurat akan menambah kepercayaan konsumen, namun pihaknya belum ada menerapkan sanksi bagi mereka yang tidak melakukan pengujian alat ukur, meskipun hal tersebut sudah diatur di dalam Peraturan Daerah.

Ia berharap timbangan plastik tidak boleh digunakan untuk kegiatan perdagangan, karena timbangan plastik diproduksi untuk aktivitas penimbangan di rumah tangga, bukan untuk aktivitas perdagangan yang kontiniu sepanjang hari sehingga Pemerintah tidak bisa menjamin kebenaran dan ketetapan hasil pengukuran.

Zen juga mengatakan pihaknya sudah turun ke Pasar Sijunjung dengan hasil 196 tera ulang berbagai macam jenis alat ukur dan Pasar Tanjung Ampalu 76 tera ulang, serta pengecekan timbangan pada pabrik sawit dan SPBU.

“Untuk pasar tertib  ukur di Kabupaten Sijunjung sudah ditetapkan lima pasar yaitu Pasar Sijunjung, Pasar Gambok, Pasar Inpres dan Pasar Padang SIbusuk, Pasar Kunangan Parik Rantang”, tutupnya. (Dicko-kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.