Portal Kabupaten Sijunjung

Anggota DPRD Tutup MTQ Padang Sibusuk

Pdg. Sibusuk. MC. Sijunjung, – Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung, Syofian Hendri, S. PdI,  menutup Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nagari Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan, di Masjid Nurul Huda, Jumat (31/5) malam.

Penutupan yang ditandai dengan penyerahan hadiah kepada para juara, dihadiri kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan (KUA) Kupitan, Walinagari Padang Sibusuk, Edrifen, para kepala jorong, alim ulama serta tokoh dan pemuka masyarakat.

MTQ yang diselenggarakan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Nagari Padang Sibusuk bersama pemerintahan nagari dari Senin sampai Jumat (27-31/5), disamping mensyiarkan Islam dan meningkatkan ukuwah Islamiyah, tujuannya juga untuk menyemarakan malam Ramadhan.

Dengan peserta utusan lima jorong yang ada dalam Nagari Padang Sibusuk (10 orang/jorong), dalam MTQ diperlombakan cabang kutbah Jumat, hafiz 1 juz dan 2 juz serta tilawah lanjut usia (Lansia) dan Adzan.

Cabang kutbah Jumat dilaksanakan di Masjid Jamik, Senin (27/5), hafiz 1 juz di Masjid Muhajirin, Selasa (28/5), hafiz 2 juz di Masjid Al Ikhlas, Rabu (29/5),  tilawah Lansia di Masjid Ummi Maktum, Kamis (30/5).

“Sedangkan cabang Adzan dilaksanakan di Masjid Nurul Huda ini, malam ini (Jumat malam –Red),” kata ketua PHBI Padang Sibusuk, H. Emrizaldi, sebelum MTQ di tutup oleh anggota DPRD  Syofian Hendri.

Syofian Hendri yang putra asli Padang Sibusuk dalam penutupan mengatakan,  MTQ yang diselenggarakan PHBI bersama pemerintahan nagari, tidak hanya sekedar mensyiarkan Islam dan meningkatkan ukuwah Islamiyah serta menyemarakan malam Ramadhan, tapi juga mengeluarkan mutiara yang terpendam dalam lumpur.

Artinya, melalui MTQ tingkat nagari yang pesertanya utusan dari seluruh jorong, PHBI Padang Sibusuk telah memberi kesempatan kepada para remaja untuk menampilkan potensi yang dimiliki di bidang keagamaan seperti kutbah Jumat, hafiz  dan Adzan.

“Karena itu, saya berharap, MTQ yang diselenggarakan pada malam Ramadhan 1440 H ini tidak MTQ perdana dan terakhir. Tapi jadikan agenda PHBI dengan penyelenggaraannya setiap malam Ramadhan. Bila memungkinkan pada Ramadhan mendatang cabang yang dilombakan kita tambah. Supaya agenda itu terlaksana dengan lancar dan sukses, dukungan dari segenap lapisan masyarakat tentunya sangat kita harapkan,” kata Syofian Hendri.

Kepada peserta yang berhasil meraih juara, terutama peserta lomba kutbah Jumat, hafiz  dan Adzan, Syofian Hendri berharap dan berpesan supaya tidak cepat berpuas diri. Tapi teruslah belajar dan berlatih agar juara yang diraih tidak hanya di tingkat nagari, tapi juga di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan tingkat nasional.

“Terhadap peserta yang belum meraih juara, saya berharap dan berpesan supaya tidak kecewa dan berkecil hati. Jangan pula prestasi yang belum didapat dinilai satu kegagalan, tapi anggaplah sebuah keberhasilan yang tertunda, agar kita lebih giat dan serius dalam belajar dan berlatih sesuai potensi yang kita miliki,” pesan Syofian Hendri. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.