Portal Kabupaten Sijunjung

BAKAUA ADAT SEBAGAI WUJUD SYUKUR MASYARAKAT NAGARI SIJUNJUNG

Sebagai wujud syukur atas hasil panen yang diperoleh, sekaligus berdoa dan bermohon kepada Allah SWT atas sawah yang dipanen selalu memberi rezki, masyarakat Nagari Sijunjung melaksanakan Bakaua Adat, di Los Tabek, Senin (17/9).

Selain puluhan Ninik Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai dan Bundo Kanduang yang berpakaian kebesaran serta ratusan masyarakat, Kaua Adat juga dihadiri Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy, Staf Ahli Menpora RI, Jonni Mardizal, Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung, Zefnihan sejumlah Kepala OPD, Ketua LKAAM Sijunjung, Epi Radisman, Forkopimcam Sujunjung, Camat Sijunjung, Wali Nagari serta undangan lainnya.

Tidak tanggung-tanggung, untuk suksesnya acara yang digelar, masyarakat antuasias datang ke Los Tabek tersebut. Sementara jamba (nasi), dibawa oleh Bundo Kanduang dan PKK, sehingga Kaua yang dilaksanakan tidak ubahnya seperti Alek Gadang Nagari.

” Disamping mensyukuri nikmat serta berdoa dan mohon rezki, Bakaua juga untuk menciptakan kebersamaan dan kekompakan masyarakat tani dalam menggarap sawah,” kata Wali Nagari Sijunjung Efendi.

Dalam sambutan Wakil Bupati Sijunjung menyampaikan bahwasanya kegiatan ini bentuk pelestarian budaya. “Mari kita bangun Perkampungan Adat ini menjadi Perkampungan Wisata, sehingga para wisatawan luar tertarik dan terwujudnya Nagari yang Madhani”, imbaunya. (Dicko/Noven-Kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.