Portal Kabupaten Sijunjung

BERKAUL ADAT, WARGA KAYU GADIS TANJUNG GADANG JAMU BUPATI YUSWIR MAKAN BAJAMBA

Ratusan warga Jorong Kayu Gadis, Nagari Tanjung Gadang, Senin (22/1/2018) kemarin tumpah memadati ruas jalan nagari setempat. Mereka hadir menyambut kedatangan Bupati Yuswir Arifin beserta rombongan, termasuk Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sijunjung, Ramler.

Kehadiran Bupati Sijunjung Yuswir Arifin ke jorong tempat kampung halaman Bupati Sijunjung periode 1990-1995 Kol. Inf. (Purn) H. Zalnofri itu memang ditunggu. Yuswir Arifin disambut bak marapulai yang akan duduk dipersandingan.

Terlihat ratusan warga benar-benar merasa terobati atas kehadiran sosok orang pertama di Ranah Lansek Manih itu. Bupati Yuswir Arifin hadir ke Jorong Kayu Gadis itu untuk memenuhi undangan warga dalam acara berkaul adat.

Berbagai atraksi jelang berkaul adat itu pun dipertunjukan. Warga terlihat gembira atas kedatang Bupati Yuswir Arifin dan rombongan.

“Acara berkaul adat ini adalah tradisi sejak lama. Setiap usai panen padi maka masyarakat akan menggelar acara berkaul tanda bukti bersyukur pada Alloh SWT,” kata Darmon salah seorang tokoh masyarakat Nagari Tanjung Gadang yang ikut dalam rombongan itu pada Jurnal Sumbar, Selasa (23/1/2018).

Begitu juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sijunjung, Ramler, juga merasa terharu atas penyambutan warga saat acara berkaul adat itu. Walinagari Tanjung Gadang, Zukri, berterimakasih atas kedatangan bupati dan rombongan menghadiri acara berkaul adat itu.

Bupati Yuswir Arifin dan rombongan di acara berkaul adat itu juga disuguhi makan berjamba oleh ninik mamak dan warga setempat di masjid Kayu Gadis itu. Saptarius

sumber http://www.jurnalsumbar.com

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.