Portal Kabupaten Sijunjung

Bimtek SIKD, Tingkatkan Tata Kelola Kearsipan di Organisasi Perangkat Daerah

Muaro, MC Sijunjung – Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) sistem informasi kearsipan dinamis (SIKD) bagi pengelola arsip Organisasi Perangkat Daerah se-Kabupaten Sijunjung, Senin (7/10/29).

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari di Hotel Kawana Padang, 7-9 Oktober 2019.

Hadir kesempatan itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Wardarusmen dan Narasumber dari Arsip Nasional RI (ANRI), Abdul Kholik dan Harun Maulana.

Dalam sambutannya, Bupati Yuswir Arifin sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan bimtek ini, menurutnya dengan adanya bimtek ini diharapkan dapat memberikan pemahaman terutama kepada aparatur yang bertanggung jawab terhadap segala administrasi di OPD.

“Saya sangat mendukung kegiatan yang positif ini, dengan diadakannya bimtek ini diharapkan dapat memberi pengetahuan bagaimana cara mengelola arsip yang baik dan meningkatkan pengetahuan peserta akan tata kelola kearsipan yang sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku,” ujarnya.

Untuk itu, Bupati berharap seluruh peserta yang mengikuti bimtek untuk dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan baik dan melaksanakan tata kelola kearsipan yang tepat pada OPD masing-masing nantinya.

“Kita tidak ingin lagi setelah mengikuti bimbingan ini masih ada OPD yang administrasinya semrawut dan tidak beraturan. Pengelolaan arsip ini sangat penting, karena arsip yang tidak tertib akan merugikan kita semua, serta dapat mendatangkan masalah di kemudian hari,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Darlias mengatakan tujuan bimtek sistem informasi kearsipan dinamis (SIKD) ini dalam rangka memberikan pemahaman kepada tiap OPD untuk pengelolaan arsip serta untuk mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik yang baik.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberi pemahaman ke setiap OPD dalam pengelolaan kearsipan di OPD masing-masing,sehingga arsip yang ada dapat dikelola dan dijaga dengan baik sehingga pelayanan publik juga akan berjalan dengan baik,” ujarnya.

Ia berharap dengan diadakannya bimtek ini seluruh peserta nantinya dapat meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap dalam melaksanakan tugas di bidang kearsipan. Juga menciptakan kesamaan visi dan pola pikir dalam melaksanakan pengelolaan arsip.(Dicko)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.