Portal Kabupaten Sijunjung

BKPSDM  Adakan Pelatihan Dasar CPNS

Sijunjung. MC. Sijunjung, – Aparatur Badan Kepegawai dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sijunjung menyelenggarakan pelatihan dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari 12 Juli sampai 26 Oktober 2019, di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB).

Pelatihan yang dibuka Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Sijunjung, Yenuarita, SH, M. Hum, Jumat (12/7), diikuti 138 peserta yang terbagi dalam empat angkatan.

Pembukaan pelatihan yang ditandai dengan pemasangan tanda peserta kepada perwakilan, dihadiri kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sumatera Barat,  Kepala BKPSDM Kabupaten Sijunjung Drs. H. Syukri, MM, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat dan nara sumber.

Asisten mengatakan, pelatihan dasar CPNS merupakan momentum pembentukan mental, disiplin dan karakteristik sebagai aparatur sipil negara dalam melaksanakan tugas dan  tanggungjawab serta pengabdian kepada masyarakat

“Karena itu, kepada seluruh peserta saya berharap dan berpesan agar mengikuti pelatihan dasar ini dengan serius dan sungguh-sungguh supaya materi, pengalaman dan pelatihan yang diterima dapat dijadikan bekal yang bermanfaat dalam menunjang pelaksanaan tugas dan tanggungjawab yang diemban,” harap asisten.

Melalui pelatihan dasar ini, pemerintah berupaya membentuk abdi negara yang profesional, berintegritas, transparan serta mengedepankan kepentingan masyarakat dalam setiap aspek penyelenggaraan pemerintahan.

Selain itu, abdi negara juga diharapkan menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat serta mampu menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Yang tidak kalah pentingnya, abdi negara harus fokus. Dimana saja ditempatkan, harus berprestasi, berintegritas dan loyalitas serta bekerja dengan baik, jujur dan disiplin, kata Asisten Yenuarita.

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia BKPSDM H. Fauzan, SH selaku ketua pelaksana mengatakan, tujuan penyelenggaraan pelatihan dasar CPNS adalah mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi dengan memadukan antara pelatihan klasikal dengan non klasikal serta kompetensi sosial kultural dengan kompetensi bidang.

Kompetensi yang akan dibangun dalam pelatihan dasar CPNS, menunjukan sikap perilaku bela negara, mengatualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam melaksanakan tugas jabatannya, mengatualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka Negara Kesauan Republik Indonesia serta menunjukan penguasaan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugas.

Supaya tujuan tercapai, nara sumber yang menyajikan materi dalam pelatihan, pejabat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sumatera Barat, pejabat Pemkab Sijunjung dan anggota Kodim 0310/SSD, jelas Fauzan. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.