Portal Kabupaten Sijunjung

Bupati Resmikan Jembatan Mundam Sakti

Mundam. MC. Sijunjung, – Bupati Sijunjung H. Yuswir Aifin Datuak Indo Marajo meresmikan pemakaian jembatan di Nagari Mundam Sakti, Kecamatan IV Nagari, Minggu (20/1).

Peresmian yang ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti serta makan bajamba sambiah duduak baselo di atas jembatan, dihadiri ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Yusni Darti, SH, MM bersama sejumlah anggota dewan, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kepala bagian (Kabag), forum koordinasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam) serta walinagari se-Kecamatan IV Nagari.

Dari Mundam Sakti hadir ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai, monti, dubalang dan bundo kanduang dengan mengenakan baju kebesaran masing-masing serta tokoh dan pemuka masyarakat, generasi muda dan masyarakat yang cukup ramai.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sijunjung H. Budi Syafarman menjawab pertanyaan menjelaskan, jembatan yang  panjangnya 50 meter dan lebar enam meter, dibangun dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sijunjung  2017 Rp1,2 miliar dan APBD 2018 Rp4.290.431.000, sehingga secara keseluruhan dana yang dipergunakan untuk membangun jembatan yang melintas diatas sungai Batang Palangki itu berjumlah Rp5.490.431.000.

Bupati Yuswir Arifin mengatakan, tujuan pembangunan jembatan adalah untuk kelancaran arus transportasi masuk dan keluar Nagari Mundam Sakti. Sebab dengan lancarnya arus transportasi, masyarakat juga lancar memasarkan hasil pertanian dan hasil industri rumah tangga. Bila pemasaran hasil pertanian dan hasil rumah tangga sudah lancar, otomatis ekonomi dan kesejahteraan masyarakat makin membaik.

“Karena itu, supaya jembatan yang dibangun dengan APBD Kabupaten Sijunjung yang cukup besar bisa bermanfaat dalam waktu lama, saya berharap dan berpesan kepada masyarakat Mundam Sakti untuk menjaga dan memeliharanya.

Jangan menggali pasir dalam sungai di bawah jembatan, minimal dengan radius 100 meter. Kalau masyarakat menggali atau mengeruk pasir dalam sungai yang terletak di bawah jembatan, secara perlahan pondasi sumuran jembatan akan goyang dan jembatan akan ambruk. Supaya hal yang sangat merugikan itu tidak terjadi, tolong ingat pesan dan harapan saya,” kata bupati.

Atas nama pemerintahan nagari dan masyarakat, Walinagari Mundam Sakti, Fimasyah Rajo Limbayang mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Sijunjung yang telah membangun jembatan yang cukup anggun dan kokoh ini.

“Kami telah lama berharap dan mengidamkan jembatan yang anggun dan kokoh di atas sungai Batang Palangki ini. Alhamdulillah harapan dan keinginan kami sudah dipenuhi oleh pemerintah Kabupaten Sijunjung di bawah pimpinan bapak Bupati Yuswir Arifin.

Untuk itu, mewakili pemerintahan nagari dan seluruh masyarakat Nagari Mundam Sakti, dalam kesempatan baik ini, saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pemerintah Kabupaten Sijunjung, khususnya kepada Bupati Yuswir Arifin, dengan harapan dan doa pembangunan jembatan ini bernilai amal ibadah di sisi Allah SWT,” harap Walinagari Fimasyah Rajo Limbayang. –nas@sijunjung.go.id

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.