Portal Kabupaten Sijunjung

BUPATI SIJUNJUNG HADIRI RAPAT PEMBAHASAN PENUMBUHAN KAWASAN EKONOMI KHUSUS.

Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin menghadiri rapat pembahasan penumbuhan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Rabu (6/6) di Gedung Kemenko Kemaritiman Jakarta.

Rapat dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan membahas prioritas percepatan pembangunan infrastruktur dalam rangka pengembangan kawasan ekonomi khusus.

Dalam rapat Bupati Sijunjung turut didampingi Sekretaris Daerah, Zefnihan dan Kabag Administrasi Perekonomian, Puji Basuki.

” Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata yang menjadi leading sektor utama Sumatera Barat dinilai akan membangkitkan secara cepat perekonomian di Sumatera Barat karena industri pariwisata lebih cepat menghasilkan dan investasinya relatif lebih murah dibanding sektor lain”, ujar Luhut.

Dari Provinsi Sumatera Barat ekspose diawali dengan penyampaian Wakil Gubernur Nasrul Abit dan dilanjutkan penjelasan dari Bupati.

Luhut Binsar Panjaitan mengharapkan selain kawasan wisata yang sudah ada, kawasan wisata baru juga harus ditumbuhkan. Ia juga serius menanggapi terkait peluang adanya penetapan Geopark Silokek sebagai salah satu Geopark Nasional.

” Karena untuk wilayah Sumatera belum ada satu pun Geopark yang ditetapkan, dan ini berarti peluang Silokek menjadi Geopark Nasional sangat besar” ungkapnya.

Dalam rapat juga membahas sektor energi, khususnya pengembangan Migas Lapangan Sinamar dan akan mendorong agar Plan of Development (POD) lapangan Sinamar segera direalisasikan.

Untuk jalur kereta api Muaro – Logas, Luhut mengharapkan agar mendapat perhatian dari Kementeriaan terkait yang saat itu juga turut hadir diantaranya Menteri Bappenas, Menteri Keuangan, Menteri Perhubungan dan lembaga non Kementerian lainnya.

Selain Sijunjung, Kabupaten yang diundang dalam rapat ini adalah Kabupaten Pesisir Selatan. (Bag_Perekonomian/MC Kab Sjj)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.