Portal Kabupaten Sijunjung

Bupati Sijunjung, Imbau Semua Pihak Optimalkan Upaya Pengurangan Resiko Karhutla

Muaro, MC Sijunjung – Melalui rapat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Bupati Sijunjung= Yuswir Arifin menghimbau kepada semua pihak untuk dapat mengoptimalkan upaya pengurangan resiko kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Sijunjung.

Hal ini diungkapkan saat membuka kegiatan rapat karhutla yang diselenggarakan Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sijunjung di Aula Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Selasa (20/8/19).

” Memperhatikan bahwa wilayah Kabupaten Sijunjung memasuki musim kemarau, maka saya meminta seluruh elemen yang ada baik pemerintah, swasta dan masyarakat wajib untuk meningkatkan kegiatan pencegahan dan kesiapsiagaan,” ungkapnya.

” Saya menghimbau masyarakat melalui Jorong, Wali Nagari sampai kepada Camat untuk meningkatkan kewaspadaan dan tidak membakar hutan guna membuka lahan perkebunan baru,” himbaunya.

” Tingkatkan koordinasi bersama rekan-rekan dari damramil dan kapolsek secara terencana dan terpadu serta berkesinambungan agar semua berperan, secara maksimal sesuai dengan kapasitasnya masing masing dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla),” harap Bupati.

” Waspadai bencana secara dini, agar bisa terdeksi dan bisa kita atasi. Kita akan membuat edaran dan itu akan kita bacakan di setiap-setiap masjid sebelum melaksanakan Sholat jumat,” sambungnya.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Hardiwan menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi penanganan bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla), bencana banjir, tanah longsor.

” Kebakaran hutan dan lahan bukan semata-mata masalah nasional, tetapi sudah menjadi tanggung jawab internasional. Maka rapat koordinasi itu sekaligus sebagai upaya memastikan kontribusi dari berbagi elemen masyarakat,” terangnya.

Turut diikuti Wakil Ketua DPRD, Walbardi, Unsur Forkopimda, Kepala OPD terkait, Camat, Kepolisian, TNI serta undangan lainnya.(Noven)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.