Portal Kabupaten Sijunjung

BUPATI SIJUNJUNG SERAHKAN PIAGAM PENGHARGAAN PASAR TERTIB UKUR

Sebelum melaksanakan apel gabungan Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin serahkan piagam pasar tertib ukur dan bantuan timbangan elektronik kepada 4 Wali Nagari yang mewakili pasar yang telah lolos dalam penilaian pasar tertib ukur di lapangan Prof. M.Yamin, SH, Senin ( 19/11).

Pasar yang menerima tersebut diantaranya pasar sijunjung, pasar padang sibusuk, pasar kunangan parik rantang dan pasar gambok.

Dalam penyerahan piagam Bupati turut didampingi Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy dan Kepala Dinas Dagperinkop UKM M. Yasri, SE, MM.

Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin menyatakan, keberhasilan penetapan pasar tertib ukur ini merupakan bukti keberpihakan pemerintah daerah kepada perlindungan konsumen.

Sementara M. Yasri, SE, MM dalam pengarahannya sebagai pejabat pengambil apel mengatakan, piagam ini tidak terlepas dari dukungan Bupati Sijunjung, Wakil Bupati sijunjung, dan semua pihak.

” Kami akan terus melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap peredaran dan penggunaan alat ukur takar timbang dan perlengkapannya sesuai ketentuan,” ujarnya.

Piagam pasar tertib ukur dan bantuan timbangan elektronik diberikan oleh Kementrian Perdagangan Republik Indonesia kepada pasar yang telah memperoleh predikat pasar tertib ukur sebanyak 10 unit untuk masing-masing pasar dimana pasar tersebut, sebelumnya telah lolos dalam penilaian pasar tertib ukur yang dilaksanakan lansung oleh Direktorat Metrology Bandung pada tahun 2017.

Sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014 ada beberapa kewenangan pemerintah pusat yang dilimpahkan ke daerah termasuk metrology legal, pada tahun 2018 UPTD metrology legal Kabupaten Sijunjung telah memperoleh surat keterangan kemampuan pelayanan tera dan tera ulang alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya ( SKKPTTU UTTP ) oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia yang diserahkan langsung Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Enggartiasto Lukita kepada Bupati Sijunjung.

” Dan pada tahun 2018 Kabupaten Sijunjung juga akan menerima predikat pasar tertib ukur untuk pasar Koto baru, pasar sungai lansek, pasar serikat kumanis dan pasar tanjung lolo yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 Desember 2018, bertempat di Direktorat Metrologi Bandung yang diserahkan langsung Menteri Perdagangan Republik Indonesia”, ujarnya.(Noven/Dicko-kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.