Portal Kabupaten Sijunjung

Cegah Stunting di Nagari, Kemendes PDTT Gelar Sosialisasi di Sijunjung

Muaro, MC Sijunjung – Untuk menekan angka stunting atau kekurangan gizi yang menyebabkan lambatnya tumbuh kembang anak, Kementerian Desa Pembangungan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) gelar sosialisasi pencegahan stunting di Desa/Nagari, di Wisma Anggrek, Jumat (5/4/19).
Sosialisasi ini dihadiri perwakilan kader posyandu, guru PAUD, PKK Nagari, OPD , Camat, Wali Nagari dan Tenaga Ahli/ Pendamping Desa (TAPD) se Kabupaten Sijunjung.
Acara sosialisasi dibuka Bupati, Yuswir Arifin yang juga dihadiri Komisi V DPR RI Alex Indra Lukman, Kepala Dinas Kesehatan, Ezwandra, Plt.Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Sijunjung, Khamsiardi , Ketua TP PKK Kabupaten Sjunjung, Ny En Yuswir Arifin.
Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan wawasan pemahaman dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia terutama dibidang pelayanan sosial dasar dalam upaya pencegahan stunting di Nagari.
Bupati Sijunjung dalam sambutannya menjelaskan, bahwa stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi sehingga anak terlalu pendek untuk usianya.
Stunting baru nampak setelah anak berusia 2 tahun. Stunting ini akan berdampak pada tingkat kecerdasan, kerentanan terhadap penyakit dan penurunan produktivitas anak.
“ Melalui momentum sosialisasi ini, diharapkan Kemendes PDTT dapat mengalokasikan anggaran untuk program penanganan balita stunting di Kabupaten Sijunjung”, ujar Bupati.
Bertindak sebagai narasumber dua orang dari Kemendes yaitu Syahri Sangkuti dan Zeni Darmawan serta dibantu oleh Dinas Kesehatan dan Dinas DPMN Kabupaten Sijunjung.(Dinda/Fanny)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.