Portal Kabupaten Sijunjung

DALAM RANGKA PENILAIAN TRANSPARANSI DANA DESA, WABUP ARRIVAL BOY EKSPOS PENGELOLAAN DANA DESA DI SIJUNJUNG

Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy ekspos pengelolaan dana desa di Kabupaten Sijunjung dalam rangka penilaian kompetensi, transparansi pelaksanaan dana desa dan pembina terbaik tahun 2018 tingkat Provinsi Sumtera Barat.

” Untuk perwakilan Kabupaten Sijunjung yaitu Nagari Kumanis Kecamatan Sumpur Kudus yang akan maju di tingkat Provinsi Sumbar”, ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Syukri pada kegiatan ekspos pengelolaan dana desa di Aula Dinas tersebut, Selasa (27/11).

Sementara itu, Wakil Bupati Arrival Boy mengatakan upaya dan peran Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung terhadap pengelolaan dana desa adalah sebuah terobosan dan inovasi dalam maksimalisasi pembangunan dan penyelenggaraan pemerintah di tingkat nagari dan juga wujud peran pemerintah daerah serta kepala daerah baik sebagai Pembina dan pengawas terhadap penyelenggaraan dana desa.

“ Pengelolaan dana desa di Kabupaten Sijunjung sudah memasuki tahun ke 3 yaitu dimulai dari tahun 2015 dengan jumlah dana desa Rp.18.156.858.000, pada tahun 2016 Rp.40.677.753.000, tahun 2017 Rp.51.629.928.000 dan pada tahun 2018 ini Rp.49.651.473.000”, ungkap Boy.

Pada kesempatan itu, Ketua Tim Penilai Provinsi Sumbar, Rusdi Lubis didampingi Dinas PMD Sumbar, Akral serta pengurus PWI Sumbar, Gusfen Khairul dan Zulnadi menjelaskan pokok-pokok penilaian transparansi dana desa ini meliputi ketersediaan dokumen, proses penyusunan dokumen RPJMDes, pemanfaatan dokumen, pelaksanaan kegiatan, pengawasan dan evaluasi.

“Kita ingin mendapatkan keterbukaan aparatur mulai dari perencanaan, pelaksanaan serta asas pemanfaatan”, katanya.

” Sementara, dalam kegiatan penilaian transparansi dana desa ini sekaligus upaya untuk sosialisasi bahwa keterbukaan itu sangat penting di era sekarang ini”, tambah Pengurus PWI Sumbar, Zulnadi.

Dia berharap hasil akhirnya adalah meningkatnya akuntabilitas dan partisipasi masyarakat sebagai budaya dalam setiap kegiatan di desa dan nagari. (Dicko-kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.