Portal Kabupaten Sijunjung

DANA DESA TAHAP I TUNTAS DICAIRKAN

Pencairan dana desa tahap I untuk 60 Nagari dan 1 Desa di Kabupaten Sijunjung tuntas dicairkan 100%. Pengajuan pencairan dilakukan oleh DPMN ke BKAD dimulai sejak 18 Mei 2017 dan terakhir hari ini tanggal 21 Juni 2017, direncanakan dana tersebut sebelum lebaran telah masuk ke rekening Nagari.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor:50/PMK.07/2017 tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah, Dana Desa dicairkan dalam 2 tahap, 60% di Tahap I bulan Maret dan 40% di Tahap II bulan Agustus.
Dijelaskan Etalisna Syanur, SH, Kasi fasilitasi dan keuangan aset nagari,syarat mendapatkan dana desa untuk Kabupaten adalah APBD, Perbup Pembagian Dana Desa, dan Laporan Dana Desa Tahun sebelumnya disampaikan ke Pusat. Bagi Nagari dan Desa harus melengkapi APBN Nagari, laporan dana desa tahun sebelumnya dan syarat khusus dari DPMN harus menyelesaikan RAB. Setelah seluruh syarat dipenuhi,Nagari mengajukan pencairan ke DPMN melalui Kecamatan.

Ditambahkan Ade Primawati, ST, Kasi fasilitasi dan pembangunan nagari, dalam program dana desa ini Nagari didampingi oleh tenaga profesional P3MD yang dikontrak oleh Satgar Provinsi. Untuk di Kabupaten ada 5 TA ( Tenaga Ahli), di Kecamatan 8 PD (Pendamping Desa) dan untuk tiap 3 Nagari didampingi 1 PLD (Pendamping Lokal Desa). Mereka mendampingi Nagari mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan sampai pelaporan. mega/nopen-kominfo@ sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.