Portal Kabupaten Sijunjung

DANREM 032/WIRABRAJA PIMPIN APEL DANRAMIL DAN BABINSA

Komandan Korem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Mirza Agus, SIP, memimpin upacara pembukaan apel Danramil dan Babinsa tersebar tahun 2018 Korem 032/WBR, Senin (3/12). Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, 3-4 Desember 2018 bertempat di lapangan tembak Telabang Sakti, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung.

Mirza Agus menyampaikan bahwa apel Danramil dan Babinsa jajaran Korem 032/Wirabraja ini merupakan tindak lanjut dari apel Danrem dan Dandim terpusat yang diselenggarakan di Pussenif.

“Jangan sampai ada yang beranggapan bahwa pelaksanaan apel ini hanya merupakan bagian rutin pelaksanaan program kerja dan anggaran saja”, tegasnya.

“Lebih dari itu hendaknya kegiatan ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan aparat komando kewilayahan dalam menangani berbagai permasalahan aktual yang terjadi di wilayah,agar diperoleh kesamaan visi, persepsi dan interpretasi melalui sikap dan tindakan di lapangan dalam rangka mendukung tugas”, lanjutnya.

” Setelah kegiatan apel ini saya harapkan para Danramil dan Babinsa dapat melaksanakan tugas Apkowil sebagai bagian dari komponen bangsa yang mempunyai tugas pokok melaksanakan operasi militer selain perang dimana salah satunya adalah untuk membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusian”, harapnya.

Ia juga menyikapi adanya kemungkinan berbagai macam bencana alam yang terjadi di wilayah Sumatera Barat, maka Apkowil dengan kemampuan pembinaan teritorialnya perlu melibatkan diri secara aktif dalam mengatasi permasalahan bencana yang ada di wilayahnya masing-masing.

” Serta hendaknya memanfaatkan kegiatan ini untuk memahami kebijakan dan petunjuk-petunjuk pimpinan TNI-AD dalam menjabarkan strategi pembinaan teritorial dalam rangka membantu pemerintah dalam melaksanakan tugasnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat maupun untuk kepentingan pertahanan”, tutupnya.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy menjadi narasumber atau penceramah yang di dampingi beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Sementara itu Ketua penyelenggara apel Danramil dan Babinsa tersebar tahun 2018, Letnan Kolonel INF Irvan Yusri, S.I.P mengatakan tema dari kegiatan ini adalah profesionalisme Danramil dan Babinsa untuk rakyat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sistem dan pelaksanaan komunikasi yang efektif, meningkatnya wawasan para danramil dan babinsa dan meningkatnya kemampuan dasar aparat komando kewilayahan mantapnya koordinasi dan keterpaduan”, terangnya.

Peserta apel Danramil dan Babinsa tersebar tahun 2018 diikuti sebanyak 568 yang terdiri dari Dandim 10 orang, Damramil 70 orang, Pasiter 10 orang dan Babinsa 478 orang.(Noven/Dicko-Kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.