• Subscribe

    Your Name (required)

    Your Email (required)

    Subject

    Your Message

(0754) 20064
[email protected]

DINAS KOMINFO ADAKAN PELATIHAN KANTOR SENDIRI MENGENAI PENATAAN ARSIP DI LINGKUP PENCIPTA ARSIP

Dinas Kominfo adakan pelatihan kantor sendiri (PKS) mengenai penataan arsip di lingkup pencipta arsip pada hari Kamis (20/4) di ruang rapat dinas kominfo yang diikuti oleh seluruh jajarannya.
Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan narasumber Kepala Dinas, Drs. Darlias. Dalam pemaparan ia menyampaikan bahwa pelatihan kearsipan ini bertujuan untuk mengontrol serta mempermudah dalam penyimpanan arsip OPD.
Ada 2 jenis arsip yaitu arsip dinamis dan arsip statis. Arsip dinamis merupakan arsip yang digunakan secara langsung oleh OPD dan disimpan dalam jangka waktu tertentu. Arsip ini selagi dibutuhkan untuk kelangsungan kegiatan OPD masih menjadi tanggungjawab OPD. Sedangkan arsip statis merupakan arsip yang diserahkan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan menjadi tanggungjawab mereka.
Agar tujuan dari pelatihan kearsipan dapat terwujud diharapkan kepada kepada OPD untuk menentukan masa simpan arsip aktif dan inaktif, menyiapkan tenaga pengelola arsip, menyiapkan central file pada bidang, menyiapkan record center pada sekretariat, mengelola arsip dinamis, menyampaikan arsip yang bersifat permanen (arsip statis) ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, memusnahkan arsip melalui penilaian arsiparis di depan lembaga hukum.(mega-kominfo) @sijunjung.go.id

Leave a Reply