Portal Kabupaten Sijunjung

DPRD SIJUNJUNG GELAR RAPAT PARIPURNA ISTIMEWA LAPORAN RESES III TAHUN 2017 SEKALIGUS PEMBUKAAN MASA SIDANG 2018

Dalam rangka penutupan massa sidang tahun 2017 dan pembukaan masa sidang tahun 2018 serta rapat paripurna penyampaian laporan hasil pelaksanaan reses tahap III tahun 2017 dilaksanakan rapat di ruangan sidang DPRD Kandang Baru pada Senin (8/1), yang dipimpin langsung oleh Wakil DPRD Walbadri.

Sidang tersebut turut dihadiri oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Wakil Bupati Arrival Boy, Unsur Forkopimda, Sekda Kabupaten Sijunjung, Pimpinan OPD,  Asisten,  Staf ahli, Kepala Instansi Vertikal,  BUMN, BUMD,  pimpinan partai politik,  Camat Kabupaten Sijunjung.

Sebagaimana yang tercantum Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah reses merupakan instrumen penting yang harus dilaksanakan oleh setiap anggota DPRD untuk menampung dan menyerap aspriasi masyarakat yang diwakili sesuai dengan daerah asal pemilihan masing- masing anggota DPRD.

Laporan reses disampaikan oleh Mukhlis Rasyid,S.Sos sebagai Juru bicara DPRD. “Untuk memenuhi ketentuan tersebut, Pimpinan dan Anggota DPRD telah  menyusun dan melaporkan hasil pelaksanaan Reses, yang merupakan rangkuman Laporan Reses dari masing-masing Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung sebanyak 30 pelaksanaan Reses” ujar Rasyid dalam sambutannya.

Sementara Bupati Yuswir Arifin dalam sambutannya menyampaikan berdasarkan Undang-Undang No 17 Tahun 2014 tentang majelis permusyawaratan rakyat DPR dan DPRD disebutkan bahwa DPRD Kabupaten/Kota mempunyai tiga fungsi yaitu pertama legislasi yang berkaitkan dengan pembentukan peraturan daerah,  kedua kewenangan dalam anggaran daerah atau APBD dan ketiga adalah kewenangan tentang mengontrol pelaksanaan peraturan Daerah.

“ Kebijakan yang berhasil diselesaikan oleh DPRD telah menjadi acuan dan pedoman dan menjalankan dalam wadah pemerintahan untuk menuju Sijunjung yang madani”,  tegas Bupati.

Yuswir berharap kerjasama yang terjalin selama persidangan pada Tahun 2017 dan untuk persidangan Tahun 2018 agar bisa lebih  ditingkatkan lagi.-Rio/[email protected]

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.