Portal Kabupaten Sijunjung

DPRD Telah Melakukan Kewajiban Sesuai Amanah

Muaro. MC. Sijunjung, – Berdasarkan Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, reses merupakan instrumen penting yang harus dilaksanakan setiap anggota DPRD guna menampung dan menyerap aspirasi masyarakat yang diwakilinya sesuai daerah asal pemilihan masing-masing anggota DPRD.

Sesuai pula dengan pasal 88 peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan peraturan DPRD tentang tata tertib DPRD provinsi, kabupaten dan kota, reses dilaksanakan secara perorangan atau kelompok ke daerah pemilihan masing-masing anggota DPRD.

Berkaitan dengan itu, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Sijunjung telah melaksanakan reses tahap I, II dan tahap III 2018, kata ketua DPRD Kabupaten Sijunjung, Yusni Darti, SH, MM, Kamis (31/1), di ruang kerjanya.

“Setelah dibacakan oleh juru bicara DPRD Syofian Hendri dan M. Irvan dalam rapat paripurna, Senin (7/1), hasil reses tahap II dan tahap III 2018 kami serahkan secara resmi kepada pemerintah daerah untuk dimasukan dalam program dan kegiatan pembangunan Kabupaten Sijunjung. Sedangkan hasil reses tahap I diserahkan pada rapat paripurna sebelumnya,” ulas Yusni Darti.

Terkait dengan rapat paripurna istimewa penutupan masa rapat 2018 dan pembukaan masa rapat 2019 Yusni Darti mengatakan, “sebagai anggota DPRD kami telah berusaha melaksanakan tugas secara maksimal sebagai wakil rakyat yang diberi amanat oleh masyarakat Kabupaten Sijunjung, namun sebagai manusia biasa yang tidak terlepas dari kekilafan dan kesalahan dalam menjalankan amanat tersebut, kami minta dukungan dan suport dari pemerintah daerah dalam perbaikan kinerja kami di masa yang akan datang”.

Pada masa rapat 2018, DPRD sebagai lembaga perwakilan rakyat telah melakukan kewajiban dan hak sesuai dengan amanah peraturan perundang-undangan.

“Secara lembaga mau pun secara perorangan kami telah menjalankan tiga fungsi, yaitu fungsi anggaran, fungsi pengawasan dan fungsi legislasi yang dijabarkan dalam bentuk kegiatan sebagaimana tertuang dalam rencana kerja DPRD Kabupaten Sijunjung ahn 2018,” jelas Yusni Darti.

Program kerja dan kegiatan tahun 2018 yang dilaksanakan, rapat paripurna istimewa sebanyak enam kali, yaitu rapat paripurna istimewa penutupan masa rapat tahun 2017 dan pembukaan masa rapat tahun 2018, rapat paripurna istimewa penyampaian rekomendasi DPRD terhadap LKPj bupati tahun anggaran 2017.

Berikutnya rapat paripurna istimewa hari jadi Kabupaten Sijunjung ke-69, rapat paripurna istimewa mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI dalam sidang tahunan MPR RI, rapat paripurna istimewa penutupan masa rapat I dan pembukaan masa rapat II seta rapat paripurna istimewa pengambilan sumpah anggota DPRD Kabupaten Sijunujng pengganti antar waktu dari Partai Bulan Bintang.

Program kerja dan kegiatan lain, reses tahap I, II dan III, konsultasi komisi, pembahasan rancangan peraturan daerah (Ranpeda), kunjungan kerja tim serta bimbingan teknis untuk meningkatkan kapasitas dan penambahan wawasan pimpinan dan anggota DPRD, papar Yusni Darti. . –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.