Portal Kabupaten Sijunjung

FGD BAGI TOKOH MASYARAKAT DAN ORMAS, GUNA CIPTAKAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA

Dalam rangka menjaga dan memelihara kerukunan umat beragama, Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Linmas mengadakan acara sosialisasi dan focus grup discussion (FGD) bagi tokoh masyarakat dan ormas keagamaan se Kabupaten Sijunjung di Hotel Bukit Gadang Kamis, (04/10).

Menurut Kepala Kantor Kesbangpol dan Linmas, Yunani, kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan pemahaman tentang pentingnya kerukunan dan toleransi antar umat beragama demi mencegah terjadinya disintegrasi bangsa dan mendeklarasikan sikap pemerintah dan masyarakat terhadap pemeliharaan kerukunan umat beragama di Kabupaten Sijunjung.

Peserta yang hadir berjumlah 80 orang yang terdiri dari berbagai ormas keagamaan dengan tema “Kita tingkatkan pemahaman, implementasi dan pelestarian nilai wawasan kebangsaan, kekeluargaan, kerukunan dan toleransi antar umat beragama di Kabupaten Sijunjung.

” Pada era reformasi sekarang bahaya disintegrasi (keadaan tidak bersatu padu) menunjukkan ancaman dengan terjadinya konflik di berbagai tempat, yang dikaitkan dengan beberapa faktor seperti ekonomi, politik ataupun budaya”, ujar Asisten I, Irwandi,S.Ip, M.Si dalam sambutannya.

” Konflik ini semakin besar ketika keagamaan ikut mewarnai berbagai peristiwa tersebut”, lanjutnya.

” Kondisi yang seperti ini harus di hentikan, karena dapat menghambat upaya kita mewujudkan cita – cita kemerdekaan yakni mengantarkan Indonesia menjadi bangsa yang maju, sejahtera dan bermartabat”, terangnya.

” Melalui acara ini mudah-mudahan lebih mendorong kita untuk dapat meningkatkan peran dan fungsi dalam memelihara kerukunan hidup seluruh umat beragama serta dapat bangkit mengejar berbagai ketinggalan untuk meraih kemajuan bangsa di masa yang akan datang”, harapnya.

” Oleh karena itu kunci utama yang perlu kita bangkitkan kembali adalah bagaimana merajut kembali kesejukan kerukunan dan persaudaraan yang tulus sebagaimana ditunjukkan oleh para pemimpin kita dahulu”, tutupnya.

Turut hadir Unsur Forkopimda, Ketua FKUB Provinsi Sumatera Barat, Ketua MUI Kab, sijunjung , Kepala OPD terkait, narasumber terdiri dari unsur FKUB PRUV SUMBAR, Polres Sijunjung, MUI Sijunjung, FKUB Kab Sijunjung, Kantor Kementrian Agama Kab.Sijunjung, Tokoh Agama khatolik, dan Kantor Kesbangpol Kab Sijunjung.(Dwita/Fany-Kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.