Portal Kabupaten Sijunjung

FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) REVISI RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) KABUPATEN SIJUNJUNG

BAPPPEDA Kab. Sijunjung menggelar “Focus Group Discussion” (FGD) sebagai upaya menjaring berbagai usulan/masukan dari masyarakat dalam rencana penyusunan Tata Ruang Bangunan & Lingkungan Hidup Strategis, Rabu (28/11) di aula rapat BAPPPEDA Kabupaten Sijunjung.

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala BAPPPEDA Sijunjung Febrizal Anshori, SH,M.Si, Seluruh kepala OPD, Endang Dewata dan Mardono sebagai pemateri dari Tim KLHS UNP dan Lembaga Kerapatan Adat LKAAM Kabupaten Sijunjung.
Rencana tata ruang wilayah sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang dan Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang bahwa Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten dapat ditinjau kembali 1 kali dalam 5 (lima) tahun dan di dalam pelaksanaannya harus dilakukan beberapa kegiatan yang dimaksudkan untuk menampung terhadap aspirasi ataupun masukan yang berasal dari masyarakat Sijunjung dan stake holder terkait mengenai kegiatan penataan ruang yang salah satunya adalah Focus group Discussion atau Diskusi terfokus.


Sehingga diharapkan seluruh masukan yang ada, baik berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Kabupaten Sijunjung ataupun yang berasal dari masyarakat dan stake holder terkait didalam perencanaan tata ruang daerah dapat terserap dengan baik oleh Tim Penyusunan Revisi RT/RW Kabupaten Sijunjung, agar dokumen perencanaan tersebut dapat mendukung terciptanya kesejahteraan bagi masyarakat Sijunjung tanpa melupakan asas keberlanjutan.

Selain revisi RTRW tersebut BAPPPEDA Kabupaten pada tahun 2017 juga menyusun Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) sebagai Pendamping dokumen Revisi RT/RW sehingga aspek kelestarian lingkungan dapat diwujudkan demi keberlangsungan hidup generasi mendatang.
Pada kesempatan ini Endang Dewata menjelaskan tentang struktur penyelenggaraan KLHS, hakekat KLHS dan alasan kenapa KLHS menjadi wajib beserta landasan hukum yang mengatur tentang KLHS. Ia berharap semoga kedepannya penataan wilayah Kabupaten Sijunjung selalu memperhatikan kelestarian lingkungan,ulasnya. (Dwita-Rio-Kominfo@sijunjung.go.id)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.