Portal Kabupaten Sijunjung

GALI POTENSI MURID, MELALUI LOMBA BERCERITA DAN BACA PUISI

Untuk menggali potensi murid, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung menggelar lomba bercerita tingkat SD/MI dan lomba baca puisi tingkat SMP/MTSN se-Kabupaten Sijunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Rabu (25/4).

Kegiatan ini bertujuan untuk mencari bibit generasi muda dari semua penjuru nusantara, yang dapat menjadi panutan dalam menjalankan kebiasan gemar membaca serta mengangkat dan mempopulerkan buku cerita budaya lokal yang mengandung nilai kehidupan yang baik.

Pada kesempatan itu hadir Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Ketua Dewan Perpustakaan Provinsi, Ketua Yayasan Gemar Membaca (Yagemi) Provinsi, Perwakilan OPD serta Kepala Sekolah se-Kabupaten Sijunjung.

Kegiatan dibuka oleh Staf Ahli Bupati, dalam sambutannya Hasmizon mengatakan agar membaca benar-benar menjadi kebiasaan yang tumbuh dari diri pribadi sejak dini, selanjutnya dengan kegemaran membaca, akan menangkap pesan-pesan lisan yang di dapat dari buku bacaan.

” Dengan demikian melalui lomba ini akan mampu membentuk sikap dan perilaku, kesenangan membaca merupakan modal dan faktor penting dalam penyelengaraan pendidikan dan pembangunan masyarakat untuk lebih cerdas, luwes dan tangkas dalam menghadapi peluang dan tantangan”, tambahnya.

Panitia pelaksana Yuliana Ibrahim, mengungkapkan tujuan kegiatan untuk menumbuh kembangkan minat dan kegemaran membaca serta kecintaan terhadap budaya lokal dalam upaya membangun karakter, kecerdasan dan inovasi bagi generasi muda Indonesia, khususnya Sijunjung.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama satu hari.
“Untuk pemenang lomba bercerita di tingkat Kabupaten selanjutnya akan diutus mengikuti lomba tingkat Provinsi dan lomba baca puisi hanya untuk tingkat kabupaten saja”, terang Yuliana. (Dicko-kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.