• Subscribe

    Your Name (required)

    Your Email (required)

    Subject

    Your Message

(0754) 20064
[email protected]

Kesehatan

SURAT IZIN PRAKTEK PERORANGAN DOKTER UMUM
a. Persyaratan
  1) Foto copy ijazah terakhir
  2) STR Asli
  3) surat pernyataan mempunyai tempat praktik, atau surat keterangan dari fasilitas pelayanan kesehatan sebagai tempat praktiknya.
  4) Surat rekomendasi dari organisasi profesi, sesuai tempat praktik
  5) Pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 3 (tiga) lembar dan 3×4 sebanyak 2 (dua) lembar latar merah
  6) Surat Keterangan Berbadan Sehat
  7) Daftar peralatan medik
  8) Denah ruang praktek
  9) KTP
  10) Ketersediaan air bersih, jamban, tempat sampah dan CTPS
b. Biaya : Tidak ada biaya
c. Waktu : Lama proses pengurusan izin adalah 3 (tiga) hari, terhitung mulai pengajuan permohonan dengan syarat bahan-bahan sudah lengkap.
         
SURAT IZIN PRAKTEK PERORANGAN DOKTER GIGI
a. Persyaratan
  1) Foto copy ijazah terakhir
  2) STR Asli
  3) surat pernyataan mempunyai tempat praktik, atau surat keterangan dari fasilitas pelayanan kesehatan sebagai tempat praktiknya.
  4) Surat rekomendasi dari organisasi profesi, sesuai tempat praktik
  5) Pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 3 (tiga) lembar dan 3×4 sebanyak 2 (dua) lembar latar merah
  6) Surat Keterangan Berbadan Sehat
  7) Daftar peralatan medik
  8) Denah ruang praktek
  9) KTP
  10) Ketersediaan air bersih, jamban, tempat sampah dan CTPS
b. Biaya : Tidak ada biaya
c. Waktu : Lama proses pengurusan izin adalah 3 (tiga) hari, terhitung mulai pengajuan permohonan dengan syarat bahan-bahan sudah lengkap.
           
SURAT IZIN PRAKTEK BIDAN
a. Persyaratan
  1) Foto copy ijazah terakhir
  2) Foto Copy KTP
  3) Surat keterangan berbadan sehat
  4) Foto Copy STR yang masih berlaku
  5) Surat pernyataan mempunyai tempat praktik.
  6) Pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 3 (tiga) lembar terbaru latar merah.
  7) Rekomendari hasil fisitasi dari IBI ranting
  8) Rekomendari dari IBI Cabang
  9) Surat peryataan kesangggupan mematuhi Permenkes No. 369/ 2007 tentang Standar Profesi Bidan,Permenkes No. 938/ 2007 tentang Standar Asuhan Kebidanan dan Permenkes No. 1464/2010 tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Bidan.
  10) Daftar peralatan medik dan denah ruangan praktek sesuai dengan Permenkes No. 1464/ Menkes/Per/X/ 2010.
  11) Ketersediaan, Air Bersih, Jamban, Tempat Sampah dan CTPS
b. Biaya : Tidak ada biaya
c. Waktu : Lama proses pengurusan izin adalah 3 (tiga) hari, terhitung mulai pengajuan permohonan dengan syarat bahan-bahan sudah lengkap.
         
SURAT IZIN KERJA BIDAN
a. Persyaratan
  1) Foto copy ijazah terakhir
  2) Foto Copy KTP
  3) Surat keterangan berbadan sehat
  4) Foto Copy STR yang masih berlaku
  5) Surat pernyataan mempunyai tempat kerja di fasilitas pelayanan kesehatan.
  6) Surat peryataan kesangggupan mematuhi Permenkes No. 369/ 2007 tentang Standar Profesi Bidan,Permenkes No. 938/ 2007 tentang Standar Asuhan Kebidanan dan Permenkes No. 1464/2010 tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Bidan.
  7) Pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 3 (tiga) lembar terbaru latar merah.
  8) Rekomendari instansi tempat kerja
  9) Rekomendari dari IBI Cabang
b. Biaya : Tidak ada biaya
c. Waktu : Lama proses pengurusan izin adalah 3 (tiga) hari, terhitung mulai pengajuan permohonan dengan syarat bahan-bahan sudah lengkap.
         
SURAT IZIN RUMAH BERSALIN
a. Persyaratan
  1) Surat rekomendasi dari Dinas Kesehatan
  2) Identitas lengkap pemohon
  3) Surat persetujuan lokasi dari pemerintah daerah setempat
  4) Bukti hak kepemilikan atau penggunaan tanah atau izin penggunaan bangunan
  5) Foto kopi pendirian Badan Usaha
  6) Dokumen Upaya pengelolaan Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL)
  7) Profil Klinik yang meliputi Stuktur Organisasi Kepengurusan, tenaga Kesehatan,sarana dan prasarana, peralatan dan pelayanan yang di berikan.
  8) Persyaratan administrasi lain sesuai dengan ketentuan peraturan Perundang-undangan.
  9) Surat peryataan kesangggupan mematuhi Permenkes Nomor 028/MENKES/PER/I/2011 tentang Klinik
  10) Ketersediaan, Air Bersih, Jamban, Tempat Sampah dan CTPS
b. Biaya : Tidak ada biaya
c. Waktu : Lama proses pengurusan izin adalah 3 (tiga) hari, terhitung mulai pengajuan permohonan dengan syarat bahan-bahan sudah lengkap.
         
SURAT IZIN APOTEK
a. Persyaratan
  1) Salinan/foto copy Surat Izin Kerja Apotek
  2) Salinan/Foto copy Kartu tanda penduduk
  3) Salinan/ fotocopy denah bangunan
  4) Surat yang menyatakan status bangunan dalam bentuk akte hak milik/sewa/kontrak
  5) Daftar asisten apoteker dengan mencantumkan nama alamat, tanggal lulus dan nomor surat izin kerja
  6) Asli dan salinan/ foto copy daftar terperinci alat perlengkapan apotek
  7) Surat pernyataan dari apoteker pengelola apotek bahwa tidak bekerja tetap pada perusahaan farmasi lain dan tidak menjadi apoteker pengelola apotek di apotek lain.
  8) Asli dan salinan/ foto copy surat izin atasan bagi pemohon pegawai negeri ,Anggota TNI/POLRI dan pegawai instansi Pemerintah lainnya
  9) Akte Perjanjian Kerja sama Apoteker pengelola Apotek dengan pemilik sarana Apotek
  10) Surat pernyataan pemilik sarana tidak terlibat pelanggaran peraturan perundang undangan di bidang obat
     
b. Biaya : Tidak ada biaya
c. Waktu : Lama proses pengurusan izin adalah 3 (tiga) hari, terhitung mulai pengajuan permohonan dengan syarat bahan-bahan sudah lengkap.
         
SURAT IZIN TOKO OBAT
a. Persyaratan
  1) Foto copy ijazah terakhir, Surat Penugasan dan Surat Izin Kerja Asisten Apoteker sebagai penaggung jawab teknis
  2) Foto copy KTP
  3) Surat keterangan memiliki tempat usaha
  4) Pas photo berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm sebanyak 3 lembar
  5) Surat peryataan kesangggupan mematuhi Permenkes RI No. 167/Kab/B.VIII/72 Tahun 58 tentang Pedagang Eceran Obat.
  6) Ketersediaan, Air Bersih, Jamban, Tempat Sampah dan CTPS
b. Biaya : Tidak ada biaya
c. Waktu : Lama proses pengurusan izin adalah 3 (tiga) hari, terhitung mulai pengajuan permohonan dengan syarat bahan-bahan sudah lengkap.
         
SURAT IZIN DEPOT AIR MINUM
a. Persyaratan
  1) Permohonan Yang Bersangkutan
  2) Surat Izin tempat usaha dari kecamatan
  3) Hasil pemeriksaan sanitasi oleh petugas sanitasi Puskesmas
  4) Hasil Pemeriksaan dari laboraturium tentang objek usaha
  5) Surat keterangan berbadan sehat (tidak menderita penyakit menular)
  6) Surat penunjukan petugas sanitasi sebagai penanggung jawab DAM dari PIM. Puskesmas
  7) Surat peryataan kesangggupan mematuhi Permenkes Nomor 492/MENKES/PER/IV/2010 Tentang Persyaratan Kualitas Air Minum
  8) Ketersediaan, Air Bersih, Jamban, Tempat Sampah dan CTPS
b. Biaya : Tidak ada biaya
c. Waktu : Lama proses pengurusan izin adalah 3 (tiga) hari, terhitung mulai pengajuan permohonan dengan syarat bahan-bahan sudah lengkap.
         
SURAT IZIN DEPOT JAMU
a. Persyaratan
  1) Surat permohonan;
  2) Daftar peralatan dan mesin-mesin yang digunakan;
  3) Daftar jumlah tenaga kerja beserta tempat penugasannya;
  4) Diagram/alur proses produksi masing-masing bentuk sediaan obat tradisional dan ekstrak yang akan dibuat
  5) Fotokopi sertifikat Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup/Analisis
  6) Fotokopi akta pendirian badan usaha yang sah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan
  7) pernyataan Direksi/Pengurus dan Komisaris/Badan Pengawas tidak pernah terlibat pelanggaran peraturan perundang-undangan di bidang farmasi;
  8) Fotokopi bukti penguasaan tanah dan bangunan
  9) Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL)
  10) Surat Tanda Daftar Perusahaan
  11) Fotokopi Surat Izin Usaha Perdagangan
  12) Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak
  13) Persetujuan lokasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota
  14) Asli Surat Pernyataan kesediaan bekerja penuh dari Tenaga Teknis Kefarmasian sebagai penanggung jawab
  15) Potokopi surat pengangkatan penanggung jawab dari pimpinan perusahaan
  16) Fotokopi Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian
  17) Diagram/alur proses produksi masing-masing bentuk sediaan obat tradisional yang akan dibuat
  18) Rekomendasi dari Kepala Balai setempat
  19) Rekomendasi pemenuhan CPOTB dari Kepala Badan dengan melampirkan Berita Acara Pemeriksaan dari Kepala Balai setempat
  20) Surat peryataan kesangggupan mematuhi Permenkes RI Nomor 006 Tahun 2012 tentang Industri dan Usaha obat tradisional
  21) Ketersediaan, Air Bersih, Jamban, Tempat Sampah dan CTPS
b. Biaya : Tidak ada biaya
c. Waktu : Lama proses pengurusan izin adalah 3 (tiga) hari, terhitung
mulai pengajuan permohonan dengan syarat bahan-bahan sudah lengkap.
         
SURAT IZIN OPTIKAL
a. Persyaratan
  1) AKTE pendirian perusahaan Optikal yang disahkan oleh Notaris untuk Penyelenggara yang berbentuk perusahaan dan perorangan
  2) Foto copy KTP atau surat keterangan berdomisili dari camat
  3) Surat Izin Tempat Usaha (SITU) atau Surat Keterangan Bebas Izin Tempat Usaha (SBITU) dari Walikota/Bupati setempat
  4) Surat Pernyataan Kesediaan Refraksionis Optisien Untuk menjadi penanggung jawab pada optikal/Laboraturium Optik yang akan didirikan
  5) Surat perjanjian pemilik sarana dengan Refraksionis Optisien
  6) Foto Kopi Ijazah Refraksionis Optisien yang telah dilegalisir
  7) Surat Keterangan sehat dari Dokter
  8) Pas photo berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm sebanyak 3 lembar
  9) Surat pernyataan kerjasama dari laboraturium optik tempat memprosesan lensa-lensa pesanan, bila optikal tidak memiliki laboratorium sendiri
  10) Daftar sarana dan peralatan yang akan digunakan
  11) Daftar pengawai serta tugas dan fungsinya
  12) Peta lokasi dan denah ruangan dibuat dengan skala 1:100
  13) Surat keterangan dari organisasi profesi/asosiasi setempat
  14) Surat peryataan kesangggupan mematuhi Permenkes Nomor 142/MENKES/SK/XI/2002 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Optikal
  15) Ketersediaan, Air Bersih, Jamban, Tempat
Sampah dan CTPS
b. Biaya : Tidak ada biaya
c. Waktu : Lama proses pengurusan izin adalah 3 (tiga) hari, terhitung mulai pengajuan permohonan dengan syarat bahan-bahan sudah lengkap.
         
SURAT IZIN PRAKTEK PERAWAT
a. Persyaratan
  1) Foto copy ijazah terakhir
  2) Foto copy KTP
  3) Foto copi STR yang masih berlaku dan dilegalisir
  4) Surat keterangan sehat fisik dari dokter yang memiliki Surat Izin Praktek
  5) Surat keterangan memiliki tempat praktek
  6) Pas photo berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm sebanyak 3 lembar latar biru.
  7) Rekomendasi dari organisasi profesi
  8) Surat peryataan kesangggupan mematuhi Permenkes No. HK.02.02/Menkes/148/ 2010 tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Perawat.
  9) Ketersediaan, Air Bersih, Jamban, Tempat Sampah dan CTPS
b. Biaya : Tidak ada biaya
c. Waktu : Lama proses pengurusan izin adalah 3 (tiga) hari, terhitung mulai pengajuan permohonan dengan syarat bahan-bahan sudah lengkap.
         
SURAT IZIN KERJA PERAWAT
a. Persyaratan
  1) Foto copy ijazah terakhir
  2) Foto copy KTP
  3) Foto kopi STR yang masih berlaku dan dilegalisir
  4) Surat keterangan sehat fisik dari dokter yang memiliki Surat Izin Praktek
  5) Surat keterangan dari tempat kerja.
  6) Pas photo berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm sebanyak 3 lembar latar biru.
  7) Rekomendasi dari organisasi profesi.
b. Biaya : Tidak ada biaya
c. Waktu : Lama proses pengurusan izin adalah 3 (tiga) hari, terhitung mulai pengajuan permohonan dengan syarat bahan-bahan sudah lengkap.
         
SURAT IZIN KERJA PERAWAT GIGI
a. Persyaratan
  1) Permohonan Yang Bersangkutan
  2) Foto copy ijazah terahir
  3) Foto copy KTP
  4) Foto copy sertifikat kompetensi perawat gigi
  5) Foto copy STR yang masih berlaku dan dilegalisir
  6) Surat keterangan sehat fisik dari dokter yang memiliki Surat Izin Praktek
  7) Surat keterangan memiliki tempat praktek
  8) Pas photo berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm sebanyak 3 lembar
  9) Rekomendasi dari organisasi profesi
  10) Rekomendasi dari kepala Dinas Kesehatan
  11) Surat peryataan kesangggupan mematuhi Permenkes No. HK.58 Tahun 58 tentang Penyelenggaraan Pekerjaan Perawat Gigi.
  12) Kesanggupan untuk Ketersediaan, Air Bersih, Jamban, Tempat Sampah dan CTPS.
b. Biaya : Tidak ada biaya
c. Waktu : Lama proses pengurusan izin adalah 3 (tiga) hari, terhitung mulai pengajuan permohonan dengan syarat bahan-bahan sudah lengkap.
SURAT IZIN INDUSTRI RUMAH TANGGA SEKTOR PANGAN
a. Persyaratan
  1) Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan
  2) Rekomendasi Pemeriksaan Sarana Produksi Pangan Industri Rumah Tangga.
  3) Foto copy KTP
  4) Surat keterangan memiliki tempat usaha
  5) Pas photo berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm sebanyak 3 lembar
  6) Surat peryataan kesangggupan mematuhi Permenkes Nomor HK. 00.05.5.1640 Tahun 2003 Tentang Pedoman Pemberian Sertifitikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga
  7) Ketersediaan, Air Bersih, Jamban, Tempat Sampah dan CTPS
b. Biaya : Tidak ada biaya
c. Waktu : Lama proses pengurusan izin adalah 3 (tiga) hari, terhitung mulai pengajuan permohonan dengan syarat bahan-bahan sudah lengkap.
         

SURAT IZIN OPERASIONAL RUMAH SAKIT KELAS C
a. Persyaratan
  1) Surat Permohonan
  2) Rumah Sakit Umum Kelas C harus mempunyai fasilitas dan kemampuan pelayanan medik paling sedikit 4 (empat) Pelayanan Medik Spesialis Dasar dan 4 (empat) Pelayanan Spesialis Penunjang Medik
  3) Kriteria, fasilitas dan kemampuan Rumah Sakit Umum Kelas C meliputi Pelayanan Medik Umum, Pelayanan Gawat Darurat, Pelayanan Medik Spesialis Dasar, Pelayanan Spesialis Penunjang Medik, Pelayanan Medik Spesialis Gigi mulut, Pelayanan Keperawatan dan Kebidanan, Pelayanan Penunjang klinik dan Pelayanan Penunjang Non Klinik.
  4) Pelayanan Medik Umum terdiri dari Pelayanan Medik dasar, Pelayanan Medik Gigi Mulut, Pelayanan Kesehatan Ibu Anak/Keluarga Berencana
  5) Pelayanan Gawat Darurat harus dapat memberikan pelayanan gawat darurat 24 jam dan 7 hari seminggu dengan kemampuan melakukan pemeriksaan awal kasus-kasus gawat darurat, melakukan resusitasi dan stabilisasi sesuai dengan standar
  6) Pelayanan Medik Spesialis dasar terdiri dari Pelayanan Penyakit dalam, Kesehatan Anak, Bedah, Obstetri dan Ginekologi
  7) Pelayanan Medik Spesialis Gigi Mulut minimal 1 pelayanan
  8) Pelayanan Spesialis Penunjang Medik terdiri dari Pelayanan Anestesiologi, Radiologi, Rehabilitasi Medik dan
Patologi Klinik
  9) Pelayanan Keperawatan dan Kebidanan terdiri dari pelayanan Asuhan Keperawatan dan Asuhan Kebidanan
  10) Pelayanan Penunjang Klinik terdiri dari Perawat intensif, Pelayanan Darah, Gizi, Farmasi, Sterilisasi Instrumen dan Rekam Medik
  11) Pelayanan Penunjang Non Klinik terdiri dari pelayanan Laundri/Linen, Jasa Boga/Dapur, Teknik dan Pemeliharaan Fasilitas, Pengelolaan Limbah, Gudang, Ambulance, Komunikasi, Kamar Jenazah, Pemadam Kebakaran, Pengelola Gas Medik dan Penampungan Air Bersih.
  12) Ketersediaan tenaga kesehatan disesuaikan dengan jenis dan tingkat pelayanan
  13) Pada Pelayanan medik dasar minimal harus ada 9 orang dokter umum dan 2 orang dokter gigi sebagai tenaga tetap
  14) Pada pelayanan medik spesialis dasar harus ada masing-masing minimal 2 orang dokter spesialis setiap pelayanan dengan 2 orang dokter spesialis sebagai tenaga tetap pada pelayanan yang berada
  15) Perbandingan tenaga keperawatan dan tempat tidur adalah 2:3 dengan kualitas tenaga keperawatan sesuai dengan pelayan Rumah Sakit
  16) Tenaga Penunjang berdasarkan kebutuhan Rumah Sakit
  17) Sarana prasarana Rumah Sakit harus memenuhi standar yang ditetapkan oleh Menteri
  18) Peralatan radiologi harus memenuhi standar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
  19) Jumlah tempat tidur minimal 100 buah
  20) Administrasi dan manajemen terdiri dari Struktur organisasi dan tata laksana
  21) Struktur organisasi paling sedikit terdiri atas Kepala RS atau Direktur RS, Unsur pelayanan medis, unsur Keperawatan, Unsur Penunjang Medis, Komite Medis, Satuan pemeriksaan internal, serta Administrasi umum dan keuangan
  22) Tatalaksana RS meliputi tatalaksana organisasi, standar pelayanan, Standar Operasional Prosedur (SPO), Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMS) dan hospital by laws dan Medical Staff by laws
  23) Surat peryataan kesangggupan mematuhi Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 340/Menkes/ Per/III/ 2010 tentang Klasifikasi Rumah Sakit
b. Biaya : Tidak ada biaya
c. Waktu : Lama proses pengurusan izin adalah 3 (tiga) hari, terhitung mulai pengajuan permohonan dengan syarat bahan-bahan sudah lengkap.

SURAT IZIN KLINIK
a. Persyaratan
  1) Identitas lengkap pemohon
  2) Surat persetujuan lokasi dari pemerintah daerah setempat
  3) Bukti hak kepemilikan atau penggunaan tanah atau izin penggunaan bangunan
  4) Foto copy pendirian Badan Usaha
  5) Dokumen Upaya pengelolaan Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL)
  6) Profil Klinik yang meliputi Stuktur Organisasi Kepengurusan, tenaga Kesehatan,sarana dan prasarana, peralatan dan pelayanan yang di berikan.
  7) Persyaratan administrasi lain sesuai dengan ketentuan peraturan Perundang-undangan.
  8) Surat peryataan kesangggupan mematuhi Permenkes Nomor 028/MENKES/PER/I/2011 tentang Klinik
  9) Ketersediaan, Air Bersih, Jamban, Tempat Sampah dan CTPS
b. Biaya : Tidak ada biaya
c. Waktu : Lama proses pengurusan izin adalah 3 (tiga) hari, terhitung mulai pengajuan permohonan dengan syarat bahan-bahan sudah lengkap.

 

SURAT IZIN PRAKTEK PERORANGAN DOKTER SPESIALIS
a. Persyaratan
  1) Foto copy ijazah terakhir
  2) STR Asli
  3) surat pernyataan mempunyai tempat praktik, atau surat keterangan dari fasilitas pelayanan kesehatan sebagai tempat praktiknya.
  4) Surat rekomendasi dari organisasi profesi, sesuai tempat praktik
  5) Pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 3 (tiga) lembar dan 3×4 sebanyak 2 (dua) lembar latar merah
  6) Surat Keterangan Berbadan Sehat
  7) Daftar peralatan medik
  8) Denah ruang praktek
  9) KTP
  10) Ketersediaan air bersih, jamban, tempat sampah dan CTPS
b. Biaya : Tidak ada biaya
c. Waktu : Lama proses pengurusan izin adalah 3 (tiga) hari, terhitung mulai pengajuan permohonan dengan syarat bahan-bahan sudah lengkap.