Portal Kabupaten Sijunjung

Kafilah Sijunjung Diterima Walikota Solok

Solok. MC. Sijunjung, – Sesampai di Kota Solok, Jumat (14/6) guna mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Sumatera Barat dari Sabtu  sampai Sabtu (15-22/6), kafilah Kabupaten Sijunjung diterima secara resmi oleh Walikota Solok yang diwakili Kepala Dinas Pembedayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Delfian, di halaman Balaikota.

Penerimaan kafilah  yang ditandai dengan pengalungan kain sarung ke leher Kabag Kesra Setdakab Sijunjung, Dody Katim selaku pimpinan rombongan,  dihadiri kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Solok dan panitia pelaksana MTQ.

Disampingi mengucapkan selamat datang, kepada kafilah Kabupaten Sijunjung, Kepala Dinas Pembedayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Solok, Delfian,  juga menyampaikan selamat berlomba semoga berhasil meraih yang terbaik dalam ajang keagamaan dua tahunan ini.

“Atas nama Pemko Solok, masyarakat dan penyelenggara  MTQ ke-38 tingkat Sumbar, saya mengucapkan selamat datang dan selamat berlomba kepada kafilah Kabupaten Sijunjung,  semoga berhasil meraih yang terbaik dalam ajang keagamaan dua tahunan ini,” kata  Delfian.

Usai acara penerimaan kafilah, Kabag Kesra, Dody Katim menjawab MC. Sijunjung mengatakan, dalam mengikuti MTQ ke-38 tingkat Sumbar, kafilah yang dia pimpin berjumlah 70 orang, terdiri dari 35 qori dan qoriah serta 35 orang pelatih, offisial, pimpinan dan wakil pimpinan kafilah,  tenaga medis, wartawan peliput dan supir.

Ke-35 qori dan qoriah itu akan mengikuti 10 dari 12 cabang perlombaan, yaitu Tilawah, Tartil, Hafidz, Qiaat Sabaah, Khutbah Jumat, MSQ, MFQ, M2IQ, Bintang Qasidah dan Khat Quran.

Yang tidak diikuti kafilah Kabupaten Sijunjung, adalah cabang lomba Tafsir Quran dan cabang lomba Kitab Standar. Cabang itu tidak bisa diikuti, karena calon kafilah yang akan diseleksi tidak ada.

Meski hanya mengikuti 10 dari 12 cabang yang dilombakan, namun kafilah Kabupaten Sijunjung bertekad masuk 10 besar.   Guna mewujudkan tekad itu, 35 qori dan qoriah yang mengikuti 10 cabang lomba itu, rutin, serius dan sungguh-sungguh berlatih atau training centre (TC) sejak awal Januari lalu, di hotel Bukik Gadang dan pada penginapan Embun Pagi di Sijunjung, jelas Dody Katim.

Disisi lain Dody Katim menjelaskan, sebanyak 35 qori dan qoriah yang akan mengharumkan nama Kabupaten Sijunjung pada bidang keagamaan di Kota Solok, seluruhnya adalah hasil seleksi juara I, II dan III dalam MTQ tingkat kabupaten di Kecamatan Lubuk Tarok  serta di Kecamatan Sumpur Kudus, tahun 2016 dan 2018 lalu.

Secara keseluruhan qori dan qoriah yang berhasil meraih juara I, II dan III pada MTQ tingkat Kabupaten Sijunjung tahun 2016 dan 2018 itu, jumlahnya lebih 200 orang. Namun setelah dipanggil dan diseleksi secara bertahap, terpilih 35 orang. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.