Portal Kabupaten Sijunjung

Kecucuran Dana 3 Milyar Dari Kementrian, PDAM Tirta Sanjung Buana Sijunjung Sukses Salurkan Sambungan Air Bersih 1000 Rumah.

Meningkatkan pelayanan dan akses masyarakat untuk memperoleh ketersediaan air bersih, PDAM Tirta Sanjung Buana Kabupaten Sijunjung sukses menyalurkan bantuan sambungan rumah bersubsidi kepada masyarakat selama 2017. Program sambungan 1.000 rumah tersebut telah selesai dilaksanakan secara 100% yang tersebar kepada masyarakat di lima kecamatan.

Kucuran dana sebesar 3 Milyar dari Kementrian PUPR pusat tersebut, disalurkan dalam bentuk pemberian subsidi kepada masyarakat dalam pemasangan saluran air PDAM, yang di prioritaskan kepada masyarakat yang kurang mampu. “Alhamdulillah, bantuan berupa sambungan rumah tersebut sudah selesai kita salurkan kepada masyarakat yang tersebar di lima kecamatan diantaranya, kecamatan Sijunjung, Lubuk Tarok, Koto VII, Sumpur Kudus dan Kamang Baru. Bantuan tersebut berasal dari kementrian PUPR,” tutur Doni Novriedi, Direktur PDAM Tirta Sanjung Buana Kabupaten Sijunjung, Senin (18/12).

Dijelaskanya, bantuan sambungan air bersih untuk tahun 2017 ini sudah berjalan semenjak Bulan Juni lalu. Dalam hal ini, masyarakat diberikan kemudahan dan subsidi untuk pemasangan sambungan air bersih kedalam rumah warga, dengan potongan harga hingga 65%. “Jadi bantuan tersebut berupa kemudahan dan subsidi untuk pemasangan sambungan air bersih untuk rumah warga. Jika normalnya/reguler dikenakan biaya sebesar Rp. 1.250.000, dengan adanya bantuan ini warga cukup membayar Rp.500 ribu saja,” jelasnya.

Direktur PDAM yang baru menjabat satu tahun tersebut menargetkan untuk setiap masyarakat bisa mendapatkan akses air bersih. Bahkan di tahun 2018 mendatang, bantuan yang sama akan kembali didapatkan untuk masyarakat Sijunjung. “Insyaallah di tahun 2018 mendatang kita kembali mendapatkan bantuan sambungan air bersih untuk rumah warga sebanyak 1.000 lagi, masih dalam bentuk bantuan yang sama, kita akan salurkan ke berbagai kecamatan yang membutuhkan. Kita targetkan, di tahun 2019 seluruh masyarakat sudah bisa menikmati air bersih ini,” terangnya.

Ditambahkanya, Program bantuan sambungan rumah air bersih bersubsidi ini disambut gembira oleh masyarakat dan sangat membantu. Selain untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, hal itu nantinya akan memberikan dampak kepada pembangunan daerah. “Kita prioritaskan untuk bantu masyarakat yang kurang mampu agar bisa menikmati air bersih terlebih dahulu. Dan disisi lain nantinya, hal ini juga akan mempengaruhi pendapatan daerah yang akan memberikan dampak kepada pembangunan di Kabupaten Sijunjung. Semoga bantuan tersebut bermanfaat bagi masyarakat, dan program selanjutnya bisa terlaksana dengan baik,” imbuhnya.(endo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.