Portal Kabupaten Sijunjung

KEMENDIKBUD MELALUI DISDIKBUD SIJUNJUNG SALURKAN BEASISWA PIP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung mempercepat proses pencairan Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) melalui perbankan, penyaluran PIP ini akan dilakukan bertahap agar tepat sasaran. Kegiatan dilaksanakan pada Kamis (7/12) di SMPN 15 Sisawah.

Salah seorang guru pengajar SMPN 15 Sisawah Taprison mengatakan tujuan Beasiswa Program Indonesia Pintar untuk menghilangkan hambatan siswa secara ekonomi dalam berpartisipasi di sekolah sehingga mereka memperoleh akses pelayanan pendidikan yang lebih baik di tingkat dasar dan menengah, mencegah anak/siswa mengalami putus sekolah akibat kesulitan ekonomi, menarik anak/siswa yang putus sekolah agar kembali bersekolah, membantu anak/siswa kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan kegiatan pembelajaran dan mendukung penuntasan Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan (9) Tahun dan Pendidikan Menengah Universal (Wajib Belajar 12 tahun).

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung Yulius Maleni, S.Pd. MM mengatakan, tahun lalu pencairan PIP masih berbentuk tunai. Tahun ini pencairannya akan dilakukan secara menyeluruh melalui perbankan sehingga setiap siswa akan menerima uang dalam bentuk tabungan.

Secara akumulatif penerima Beasiswa PIP terdiri dari 19 Sekolah di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Sumpur Kudus dan Koto VII, dengan rincian 11 Sekolah Dasar (SD) dan 8 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan total Siswa SD 492 orang dan Siswa SMP 465 orang, sudah disalurkan melalui rekening-rekening penerima.

Ia menjelaskan, setiap tahun penerima mendapatkan Beasiswa dan dapat dicairkan melalui bank. Menurut dia, semua penerima PIP bisa mengambil uang secara bertahap sesuai kebutuhan.

Ia juga mengingatkan penerima PIP agar tidak boros dan siswa bisa memanfaatkan dana PIP untuk menabung agar memiliki dana cadangan ketika tiba-tiba membutuhkan dana.

Program Indonesia Pintar (PIP) adalah salah satu program prioritas pendidikan pemerintahan Presiden Joko Widodo yang menyasar anak-anak usia sekolah dari keluarga tidak mampu agar pendidikan yang berkualitas dapat merata dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh anak Indonesia. (Dicko/Noven-kominfo)@sijunjung.go.id)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.