Portal Kabupaten Sijunjung

KENALKAN TRADISI MAMBANTAI DALAM FESTIVAL MATRILINEAL BUDAYA SIJUNJUNG

Salah satu cara melestarikan dan mengenalkan kebudayaan sebuah daerah adalah dengan mengadakan festival budaya, oleh karena itu Nagari Sijunjung bersama Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) menggelar Festival Matrilineal dengan tradisi membantai di Perkampungan Adat Kabupaten Sijunjung, Senin malam (14/05).
Ikut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung, Zefnihan, Kepala Dinas Parpora, Yofritas, Camat Sijunjung, Khalvian Nuraflis, Kapolres Sijunjung, IPTU Yadi Purnama Lubis, Wali Nagari beserta Niniak Mamak dan Cadiak Pandai.
” Kegiatan ini merupakan acara yang luar biasa karena masih memelihara semangat gotong royong dan bisa terlaksana dengan baik setiap tahunnya”, ungkap Zefnihan dalam sambutannya.
“saya mengucapkan terimakasih sebasar besarnya kepada masyarakat Sijunjung yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini, mudah mudahan tradisi seperti ini kedepannya semakin besar”, harapnya.
Mambantai kerbau adalah sebuah tradisi masyarakat Sijunjung yang biasa dilaksanakan setiap tahunnya menjelang masuknya bulan Ramadhan dan dilakukan oleh kelompok tani yang ada di Nagari Sijunjung.
Jumlah kerbau yang disembelih pada tahun ini sebanyak 14 ekor dan daging kerbau ini akan dinikmati pada saat makan bersama sebelum berpuasa.
Acara ini juga dihibur dengan Kesenian tradisional Gambus Wardatul Jannah Nagari Padang Laweh dan Salawat Dulang Sinar Harapan dari Nagari Silongo.([email protected])

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.