Portal Kabupaten Sijunjung

KEPALA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BUKA PELATIHAN TUTOR KEAKSARAAN

Dalam rangka pengembangan peningkatan kompetensi tingkat pemahaman, ketrampilan dan profesionalisme Tutor Pendidikan keaksaraan tahun 2018 , Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan pelatihan tutor yang dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Ramler SH,MM, di Aula Dinas Pendidikan, Kamis (11/10).

Ramler dalam sambutannya menyampaikan pelatihan ini merupakan bentuk komitmen terhadap pentingnya peningkatan Sumber Daya Manusia ( SDM ) baik pendidikan formal maupun dijalur Pendidikan Non Formal.

“Sebagai bentuk komitmen kita dalam kurun waktu lima tahun terakhir di Kabupaten Sijunjung telah dituntaskan lebih kurang 5.920 orang penduduk buta aksara, terjadi kenaikan angka melek huruf dari 94,78% tahun 2012 lalu menjadi 99,40% diakhir tahun 2017, sehingga berturut-turut pada tahun 2013 dan tahun 2014 lalu, Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin menerima anugrah aksara tingkat Pratama dan Madya dari Kemendikbud RI”, ujar Ramler.

Lebih lanjut Ramler,SH,MM menyampaikan pelatihan ini penting dilaksanakan agar dapat memudahkan para tutor dalam mengajar pendidikan keaksaraan.

“ Setelah kembali ke lapangan diharapkan mampu memberdayakan dan memberikan motivasi, agar penyandang penduduk buta aksara dapat membaca, menulis, berhitung dan punya ketrampilan yang pada akhirnya akan berdampak langsung terhadap peningkatan kesejahteraan penduduk itu sendiri” terangnya.

“ Untuk itu para tutor harus menerapkan pola pembelajaran seperti di lembaga PAUD , dengan pembelajaran yang menyenangkan, menerapkan metoda pendidikan orang dewasa, penuh kesabaran sebab tidak mudah merangkul dan mengajar orang dewasa yang buta aksara” pesan Ramler.

Kepala Bidang PAUD dan PNF, Syamsul Bahri, S.Pd.MM dalam laporannya menyampaikan peserta pelatihan ini diikuti sebanyak 30 orang dari unsur tutor Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ), berlangsung selama tiga hari dari tanggal 11-13 Oktober 2018 dengan materi pelatihan Kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam pendidikan Non Formal, Identifikasi kebutuhan Belajar, Standar Kompetensi Keaksaraan, penyusunan bahan ajar, metoda pembelajaran KF , Evaluasi Pembelajaran dan manajemen Pembelajaran dengan narasumber terdiri dari Kepala Bidang PAUD dan PNF, serta narasumber luar daerah dari Forum PKBM dan Forum Tutor Provinsi Sumatera Barat yang sudah meraih prestasi di Tingkat Nasional.(Syamsul-Dikbud)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.