Portal Kabupaten Sijunjung

KETUA LPM SIJUNJUNG MUSKERDA DI PADANG

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se-Kabupaten Sijunjung mengikuti musyawarah kerja daerah (Muskerda) dari Selasa sampai Kamis (25-27/9), di Hotel Kyriad Bumi Minang Padang.

Dalam Muskerda itu sekaligus dikukuhkan Dewan Pembina Daerah (DPD) dan Dewan Pembina Cabang (DPC) LPM se-Kabupaten Sijunjung.

Muskerda yang diselenggarakan aparatur Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Sijunjung, dibuka Sekdakab Zefnihan, AP, M. Si. Pembukaan yang  berlangsung sederhana dihadiri Kepala DPMN Drs. H. Syukri, MM, camat se-Kabupaten Sijunjung dan nara sumber.

Kepala DPMN Kabupaten Sijunjung, Syukri selaku ketua pelaksana mengatakan, tujuan penyelenggaraan Muskerda adalah untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan serta keterampilan ketua LPM dalam menyusun perencanaan nagari dan desa.

Supaya tujuan tercapai, nara-sumber yang menyajikan materi dalam Muskerda, pengurus LPM Dewan Pembina Pusat (DPP), Dewan Pembina Wilayah (DPW) LPM Provinsi Sumatera Barat dan pejabat DPMN Kabupaten Sijunjung.

Sekdakab Zefnihan mengatakan, diselenggarakannya Muskerda ketua LPM serta dikukuhkannya DPD dan DPC LPM se-Kabupaten Sijunjung, merupakan langkah positif dan strategis dalam meningkatkan wawasan dan pengetahuan serta keterampilan pengurus LPM dalam menjalankan amanah dan tanggungjawab yang diemban.

“Dengan diundangkannya UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa, kini nagari  tidak hanya menjadi fokus pembangunan, tapi pemerintah dan lembaga nagari juga sebagai perancang pembangunan yang sesuai dengan potensi dan kebutuhan,” ujarnya.

“Artinya, sekarang nagari tidak lagi menjadi objek sasaran pembangunan. Tapi menjadi subjek yang berperan aktif sebagai motor penggerak pembangunan. Sementara LPM sebagai mitra pemerintah nagari dan desa, cukup banyak peran dan andilnya dalam memajukan pembangunan nagari dan desa yang bermuara kepada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” sambungnya.

Peran dan andil LPM antara lain menyusun rencana pembangunan partisipatif, melaksanakan serta melakukan pengawasan, memanfaatkan, memelihara dan mengembangkan hasil pembangunan secara partisipatif.

Kemudian menggerakan dan mengembangkan partisipasi gotong royong (Goro) dan swadaya masyarakat serta menumbuh kembangkan kondisi dinamis masyarakat.

“Justru itu, dengan telah diselenggarakannya Muskerda ketua LPM serta dengan telah dikukuhkannya DPD dan DPC LPM ini, ke depan kita berharap LPM makin berperan dalam memajukan pembangunan nagari dan desa yang bermuara kepada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” harap Sekdakab. [email protected]

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.