Portal Kabupaten Sijunjung

Keunikan Nagari Dimunculkan Dalam Festival Lansek Manih II

Muaro. MC. Sijunjung, – Bupati Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo mengatakan peringatan hari jadi Kabupaten Sijunjung ke-70 tahun 2019 harus lebih meriah dan berarti dari peringatan tahun sebelumnya.

Agar lebih meriah dan berarti, selain melaksanakan acara pokok dan acara tambahan sebagaimana yang dilakukan tahun lalu, pada peringatan 2019 ini akan difestivalkan hal yang unik dan spesifik atau kelebihan satu nagari dan jorong. Baik itu seni dan budaya serta olahraga mau pun makanan dan tradisi.

“Mungkin selama ini ada hal yang unik dan spesifik atau kelebihan satu nagari dan jorong yang tidak muncul karena tidak ada kesempatan. Makanya kita buka peluang melalui festival. Karena itu, kita berharap dari sekarang pemerintah nagari bersama masyarakat memikirkan dan memusyawarahkan apa yang akan dipestivalkan,” kata Bupati, Senin (21/1), di ruang kerjanya.

Bupati menambahkan, memperingati hari jadi Kabupaten adalah memperingati hari kelahiran Kabupaten itu sendiri. Karena yang diperingati hari kelahiran satu daerah, masyarakat yang ada di dalamnya harus terlibat dan ikut serta dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan.

Disamping melibatkan segenap lapisan masyarakat, peringatan hari jadi juga harus memiliki arti serta bermanfaat bagi warga, terlebih bagi keluarga berkemampuan terbatas.

Supaya hal itu terwujud, disamping seluruh pemerintah Kecamatan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang melibatkan pegawai, pelajar, perangkat nagari dan jorong serta pengurus dan anggota organisasi masyarakat yang ada di kecamatan bersangkutan, Pemda juga akan melaksanakan beberapa kegiatan sosial, seperti bazar dan donor darah.

“Sedangkan acara pokok yang akan digelar, upacara hari jadi di Tanjung Bonai Aur, Kecamatan Sumpur Kudus, pada17 Februari dan Rapat Paripurna Istimewa DPRD di Gedung Dewan, pada 18 Februari 2019,” jelas Bupati Yuswir Arifin. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.