• Subscribe

    Your Name (required)

    Your Email (required)

    Subject

    Your Message

(0754) 20064
[email protected]

KOPERASI PERLU MELAKSANAKAN RAT

Bupati H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo berharap dan mengimbau seluruh pengurus koperasi yang ada di Kabupaten Sijunjung supaya melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tutup buku tahun 2016.

RAT  merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi yang wajib dilaksanakan sebagai pencerminan prinsip pengelolaan dalam koperasi secara demokratis, transparan dan akuntabel.

“Karena memegang kekuasaan tertinggi, saya berharap dan mengimbau seluruh pengurus koperasi yang ada di Kabupaten Sijunjung supaya melaksanakan RAT tutup buku tahun 2015. Karena dalam RAT juga bisa dibahas rencana anggaran dan belanja koperasi tahun berjalan serta rencana kerja untuk pengembangan koperasi tahun berikutnya,” kata Bupati Yuswir Arifin, di ruang kerjanya, Selasa (14/3).

Bupati menambahkan, koperasi adalah sokoguru perekonomian nasional, karena itu koperasi harus dijadikan sebuah gerakan perekonomin di tengah masyarakat. Supaya bisa menjadi gerakan perekonomian, koperasi itu harus tangguh dan profesional.

Upaya mewujudkan koperasi yang tangguh dan profesional adalah dengan cara menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, kelembagaan yang kokoh, kewirausahan yang baik serta pengelolaan yang demokratis, transparan dan akuntabel.

Karena itu, disamping yang dilakukan pemerintah, juga sangat diperlukan pembinaan dan pengembangan koperasi yang tumbuh dari koperasi itu sendiri dengan semangat partisipatif dan dukungan semua anggota. Yang tidak kalah pentingnya, adalah pendidikan terhadap anggota koperasi itu sendiri.

“Makanya, disamping melaksanakan RAT, saya juga berharap dan mengimbau kepada pengurus, pengawas dan anggota koperasi untuk meningkatkan sumber daya manusia anggota melalui pendidikan, supaya koperasi tetap hidup, maju dan berkembang di tengah masyarakat, sehingga dampaknya tidak hanya memberi kesejahteraan terhadap anggota, tapi juga bagi masyarakat sekitarnya,” harap Bupati Yuswir Arifin. -nas [email protected]

Leave a Reply