Portal Kabupaten Sijunjung

KPRI IKHLAS BERAMAL KEMENAG ADAKAN RAT

Pengurus Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Ikhlas Beramal Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sijunjung menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tutup buku tahun 2017, di aula kantor tersebut, Kamis (4/1).

RAT yang dilaksanakan, dibuka oleh Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sijunjung, Em Yasri, SE, MM serta dihadiri Plt. Kepala Kantor Kemenag Drs. H. Syamsul Arifin, MM selaku pembina KPRI Ikhlas Beramal serta Kasi Palitasi dan Pembiayaan Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi UKM, Joni Wardin.

Ketua KPRI Ikhlas Beramal, Asrizal, S. Ag, MA dalam laporannya menjelaskan, sampai 31 Desember 2017 koperasi yang dia pimpin memiliki 185 anggota yang terdiri dari semua pegawai yang gajinya dimintakan melalui Kantor Kemenag Kabupaten Sijunjung.

Dengan anggota sebanyak itu, bidang usaha yang dikelola KPRI Ikhlas Beramal, adalah simpan pinjam serta pengadaan baju dinas dan baju olahraga yang dibutuhkan keluarga besar Kemenag Kabupaten Sijunjung.

Dari usaha simpan pinjam serta pengadaan baju dinas dan baju olahraga itu, dalam tahun 2017 KPRI Ikhlas Beramal memperoleh keuntungan Rp375.720.225. Sedangkan pengeluaran Rp242.986.200, sehingga diperoleh Sisa Hasil Usaha (SHU) Rp132.734.025.

“Selama tahun buku 2017, terealisasi 122 transaksi pinjaman kepada 82 anggota, dengan nilai Rp4.225.000.000 dan perolehan jasa bunga Rp279.941.522. Dibanding tahun buku 2016, transaksi pinjaman tahun buku 2017 naik Rp294.500.000,” jelas Asrizal.

Kepala Kantor Kemenag H. Syamsul Arifin mengapresiasi pengurus KPRI Ikhlas Beramal yang pada tahun buku 2017 mampu memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) Rp1,2 juta kepada anggota.

Dalam tahun buku 2018 ini, KPRI Ikhlas Beramal harus lebih eksis agar SHU yang didapat dan THR yang diterima anggota lebih besar. Supaya lebih eksis, bidang usaha harus ditambah. Jika tidak mungkin menambah bidang usaha, naikan nilai simpanan wajib dan tambah jumlah anggota.

“Kalau seandainya masih ada kepala, wakil kepala dan guru madrasah yang gajinya dimintakan melalui Kantor Kemenag Kabupaten Sijunjung yang belum menjadi anggota KPRI Ikhlas Beramal, tolong berikan namanya kepada saya secara tertulis. Karena keluarga besar Kemenag harus merasa memiliki KPRI Ikhlas Beramal dengan menjadi anggota,” kata Syamsul Arifin.

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Em Yasri tidak hanya mengapresiasi pengurus KPRI Ikhlas Beramal karena telah melaksanakan RAT tepat waktu sehingga merupakan RAT perdana di Kabupaten Sijunjung dalam tahun 2018 ini, tapi juga lantaran KPRI tersebut memiliki administrasi yang baik dan lengkap serta mampu menambah jumlah anggota, menambah modal dan sedikit dana yang tersimpan di kas.

RAT merupakan pertanggungjawaban pengurus terhadap seluruh anggotanya. Karena itu, RAT sangat penting dilaksanakan dalam setiap koperasi serta wajib dan arus diadakan setiap tahun.

“Namun saya mengapresiasi pengurus KPRI Ikhlas Beramal tidak saja karena telah melaksanakan RAT tepat waktu sehingga merupakan RAT perdana di Kabupaten Sijunjung dalam tahun 2018 ini, tapi juga lantaran KPRI ini memiliki administrasi yang baik dan lengkap serta mampu menambah jumlah anggota, menambah modal dan sedikit dana yang tersimpan di kas, karena dipinjamkan kepada anggota,” jelas Em Yasri. [email protected]

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.