Portal Kabupaten Sijunjung

Kurangi Dampak Negatif Terhadap Sampah Plastik, Pemkab Sijunjung Canangkan Gapersik

Muaro, MC Sijunjung – Sampah plastik selalu menjadi penyumbang utama dalam masalah pencemaran lingkungan. Untuk itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung melalui Dinas Perkim LH mengadakan pencanangan Gerakan Pengurangan Sampah Plastik (Gapersik) di Lapangan M.Yamin Muaro, Senin (5/8/19).

Hal ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah untuk mengurangi dampak negatif terhadap dari pengguna sampah plastik khususnya di Ranah Lansek Manih, sehingga terwujudnya Kabupaten Sijunjung bersih.

Pada saat itu, Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin beserta TP-PKK Kabupaten Sijunjung, Ny. En Yuswir dan turut ikut Wakil Bupati Arrival Boy, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat, seluruh ASN dan THL di Pemkab Sijunjung serta siswa-siswi Sekolah Dasar se-Kecamatan Sijunjung melaksanakan jalan santai sambil memungut sampah plastik di sepanjang arena jalan santai tersebut.

Adapun rutenya, star lapangan M. Yamin-simpang tugu-polres sijunjung-SMA 1-rumah dinas bupati dan kembali finish di lapangan M.yamin.

“Gerakan Pengurangan Sampah Plastik adalah gerakan kita bersama. Sampah adalah musuh kita bersama, oleh karena itu tanggung jawab kita semua untuk menjaga Sijunjung bersih,” ungkap Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin pada saat pencanangan tersebut.

“Apalagi program pengelolaan sampah menjadi program pemerintah yang sangat penting yang harus dilakukan oleh semua pihak,” jelasnya.

Ia juga akan mengaplikasikan gerakan ini melalui pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan di Sekolah Dasar dan Menengah dengan program Adiwiyata yaitu mewujudkan sekolah peduli lingkungan.

“Kita kembangkan kurikulum berbasis lingkungan di sekolah-sekolah menyangkut masalah kebersihan ini,” katanya.(Dicko)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.