Portal Kabupaten Sijunjung

LIBATKAN SEMUA UNSUR, FKP POLRES SIJUNJUNG DIBENTUK

Luar biasa. Polisi Resor (Polres) Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar) membentuk Forum Konsulatsi Publik (FKP) sebagai wadah yang akan menampung seluruh kritik dan masukan dari semua lini maupun kalangan terkait pemberian pelayanan terhadap masyarakat.

Kapolres Sijunjung, AKBP Haji Imran Amir, SIK,MH, diwakili Wakapolres Sijunjung, Kompol Suyanto, SE,MM, mengatakan bahwa tujuan dari pembentukan FKP ini tidak lain untuk meningkatkan pelayanan yang dilakukan oleh seluruh jajaran Polres Sijunjung kepada masyarakat. Kegiatan tersebut melibatkan semua unsur masyarakat termasuk didalamnya para insan pers.

“Forum Konsultasi Publik (FKP) ini wadah untuk menyamakan persepsi, forum koordinasi dan menampung masukan bagaimana  kedepannya pelayanan bisa diterima oleh masyarakat. Sehingga pelayanan yang kami berikan disini hendaknya seusai dengan harapan masyarakat. Katakanlah pelayanan prima atau baik seperti itu,”ujar kapolres, Senin  (10/9/2018) dihadapan FKP Polres Sijunjung.

Wakapolres Sijunjung, Kompol Suyanto,SE,MM, mengakui, dalam pemberian pelayanan sudah sesuai dengan SOP yang sebenarnya.

“Hendaknya jangan sampai pelayanan yang kami berikan memberatkan kepada masyarakat. Kalau disini ada beberap pelayanan yang selama ini kami berikan diantaranya di Satlantas (pengurusan SIM), Samsat (pembayaran pajak), dan Satintelkam (pengurusan SKCK). Kita tentu perlu tanggapan semua pihak terkait pelayanan yang kami berikan ini dan apa masukan untuk kebaikan kedepannya,”tambah Wakapolres.

Ia menjelaskan, komposisi pengurusan FKP ini nantinya juga akan diisi oleh beberapa SOPD terkait, Ormas, LSM, Wartawan dan  berbagai kalangan pemangku tokoh masyarakat.

Sementara Kabagren Polres Sijunjung Kompol  A.Yani Pasaribu, SH,MSi, menyatakan bahwa pembentukan FKP itu sebagaimana yang diamanatkan dalam Permenpan RB RI nomor 16 tahun 2017 tentang pedoman penyelenggaraanya di unit penyelenggara pelayanan publik.

“Manfaatnya tentu untuk menjamin partipasi masyarakat terhadap pengawasan pelayanan Polres Sijunjung. Kemudian meningkatkan peran serta masyarakat dalam memberikan solusi terbaik pelayanan prima. Sehingga tidak ada lagi nada negatif di masyarakat terkait pelayanan kami. Indikator keberhasilan pelaksanaan FKP ditentukan oleh komitmen pembinan pelayanan publik dan konsistensi seluruh pelaksanaan dalam pengelenggaraan pelayanan publik,”jelas Kompol A.Yani Pasaribu yang segera menjabat menjadi Wakapolres Pasaman Timur itu.

Pembentukan FKP Polres Sijunjung itu dibuka secara resmi oleh Wakapolres Kompol Suyanto. Kegiatan tersebut ditandai dengan pembacaan kitab suci Alquran dibacakan Pimpinan Ponpes Daral Falah Lubuktarok, Fauzan, Lc dan sambutan tokoh masyarakat disampaikan Jamaludin. Saptarius

Sumber jurnal sumbar.com

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.