Portal Kabupaten Sijunjung

LIMA PENGELOLA WARNET DI KECAMATAN IV NAGARI DIBERIKAN PEMBINAAN

Mencegah lebih baik daripada mengobati memang ada benarnya, hal ini pula yang dilakukan oleh Tim Gabungan terdiri dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sijunjung bekerja sama dengan Satpol PP dan Dinas DPMPTSP terhadap pengelola warnet guna memberantas pelanggaran tentang perizinan izin usaha bagi pemilik warung internet (warnet), Rabu (22/11).

Tim Gabungan kini tengah membina beberapa pengelola warung internet (warnet) dengan cara mendatangi langsung lokasi yang ada di Kecamatan IV Nagari terletak di Nagari Palangki dua warnet dan di Nagari Muaro bodi tiga warnet, hal ini dilakukan sebelum para pengelola terjerumus ke dalam pelanggaran yang nantinya malah berujung kepada sanksi.

Wewenang ini memang diberikan secara bebas kepada dinas terkait. Salah satunya, dengan memberikan pembinaan dan pengawasan warnet agar internet digunakan sesuai aturan.

Yang nantinya akan digunakan sebagai materi sosialisasi adalah beberapa peraturan mulai dari tempat hingga jam operasi. Aturan itu mulai dari ruangan warnet yang bebas pandang, tidak boleh menggunakan sekat pembatas, Layar harus membelakangi dinding agar terlihat transparan, dan sarana pendidikan. Selain itu, juga diatur jam buka/tutup warnet, serta kontrol terhadap situs porno dan aspek lainnya.

Kabid P2D Dinas Satpol PP, Suarman mengingatkan kepada para pemilik warnet soal pentingnya melakukan pembatasan jam khusus untuk melindungi anak-anak sekolah dari dampak buruk internet dan game online, para pemilik warnet diminta ikut mengawasi dan mencegah anak sekolah melakukan yang tidak perlu diluar mengerjakan tugas sekolah.

Lanjut, Ia memberikan toleransi selama dua minggu untuk mengurus izin usaha warnet dan membuka sekat-sekat, jika ada yang melanggar, tentunya kita akan bertindak sesuai aturan, langkah terakhirnya adalah menutup dan menyita aset warung internet (warnet) tersebut,” kata Suarman. (Dicko-kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.