Portal Kabupaten Sijunjung

Lubuk Tarantang Siap Ke Tingkat Sumbar

Lubuk Tarantang. MC. Sijunjung, – Pemerintah dan lembaga serta masyarakat Nagari Lubuk Tarantang, Kecamatan Kamang Baru, siap untuk berkompetisi di tingkat Sumbar dalam mengikuti lomba nagari berprestasi, jika terpilih sebagai nagari terbaik pertama di Kabupaten Sijunjung.

Ditinjau dari penyelenggaraan roda pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, tingkat ekonomi dan kesejahtraan rakyat serta kerukunan masyarakat, wajar dan cukup beralasan Lubuk Tarantang menempati posisi terbaik pertama di Kamang Baru, karena dengan kebersamaan berbagai kegiatan dan program yang digulir terlaksana sebagaimana mestinya.

“Pak Yasirman yang mengemban amanah dan kepercayaan memimpin Nagari Lubuk Tarantang, dalam menggulir roda pemerintahan, setiap akan melaksanakan program, selalu mendahuluinya dengan musyawarah mufakat, sehingga berbagai kegiatan yang dilakukan didukung sepenuhnya oleh rakyat,” kata Sekretaris Camat (Sekcam) Kamang Baru, Kaharuddin,  dalam sambutannya saat tim pemilihan nagari berprestasi  tingkat Kabupaten Sijunjung menilai Nagari Lubuk Tarantang, Rabu (20/3).

Tim yang mengemban amanah dan kepercayaan melakukan penilaian, diketuai Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Sijunjung,  Khamsiardi, SSTP, M. Si. Sedangkan anggota tim terdiri dari aparatur berbagai badan, dinas, kantor, lembaga dan pers.

Karena setiap yang akan dilakukan diawali dengan musyawarah mufakat, dengan prinsip hari esok harus lebih baik dari hari ini, yang menonjol di Lubuk Tarantang adalah budaya membangunan nagari, bukan pembangunan nagari.

Artinya, segala sesuatunya dibangun oleh masyarakat melalui kebersamaan dengan memanfaatkan potensi yang ada serta semangat membangun yang tinggi, sehingga hasil akhir pembangunan nilainya lebih besar dari dana yang dikucurkan, jelas Sekcam Kaharuddin.

Ketua tim pemilihan nagari berprestasi, Khamsiardi menjelaskan, penilaian nagari berprestasi merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Sijunjung. Indikator yang dinilai berpedoman pada Permendagri nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan yang meliputi penyelenggaraan pemerintahan, penataan kewilayaan dan kemasyarakatan. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.