Portal Kabupaten Sijunjung

MAN 2 Sijunjung Gratiskan Kelengkapan Siswa Baru

Pdg. Sibusuk. MC. Sijunjung,  –         Di bawah kepemimpinan kepala yang baru, Wan Eka Putra, S. Pd. I, majelis guru, pegawai tata usaha dan komite Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Sijunjung yang terletak di Nagari Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan melakukan terobosan yang sangat membatu siswa dan walimurid.

Terobosan yang dilakukan, disamping tidak memungut uang pembangunan, untuk siswa baru yang memulai pendidikan pada tahun ajaran 2019/2020 di MAN 2 Sijunjung, pihak madrasah juga memberikan beberapa perlengkapan secara gratis kepada siswa.

Beberapa perlengkapan yang diberikan secara gratis kepada siswa baru, satu stel baju olahraga, sehelai kain batik, sebuah topi, dasi, lambang, kacu dan cincin pramuka serta jilbab putih dan jilbab pramuka.

“Perlengkapan siswa yang kami sediakan secara gratis, selain iyuran majelis guru, pengadaannya juga memanfaatkan sumbangan alumni MAN 2 Sijunjung dan sumbangan donatur,” kata kepala MAN tersebut, Wan Eka Putra menjawab MC. Sijunjung, Kamis (13/6), di ruang kerjanya.

Tujuan memberikan beberapa perlengkapan secara gratis kepada siswa baru, selain membantu meringankan beban walimurid dalam melanjutkan pendidikan putra putrinya, supaya siswa yang melanjutkan pendidikannya di MAN 2 Sijunjung pada tahun ajaran 2019/2020 ini lebih banyak dari tahun sebelumnya.

“Hingga sekarang siswa baru yang telah mendaftar, baru 21 orang. Sedangkan target kita 60 orang,”  jelas Wan Eka Putra yang baru sebulan menjabat kepala MAN 2 Sijunjung.

Disamping memberikan beberapa perlengkapan secara gratis, pihak MAN 2 Sijunjung juga menyediakan berbagai fisilitas untuk siswanya. Antara lain beasiswa bagi siswa berprestasi, beasiswa bidang akademik, Program Indnesia Pintar (PIP) bagi siswa yang memiliki kartu PIP serta bantuan dari BAZNas Sijunjung dan bantuan uang transportasi dari MAN kepada siswa yang keluarganya berkemampuan terbatas.

Tentang fasilitas untuk proses belajar mengajar yang dimiliki MAN 2 Sijunjung, menurut Wan Eka Putra, adalah ruang tempat belajar yang cukup, laboratorium komputer jaringan ICT, laboratorium IPA, perpustakaan, ruang multimedia, drumband, namira orgen, bengkel keterampilan las litrik, ruang keterampilan menyulam (menjahit), kegiatan pramuka serta olahraga bola basket, bola voli, sepak takraw, tenis meja, bulu tangkis dan olahraga futsal.

Visi MAN 2 Sijunjung, menjadikan warga madrasah yang berkualitas, terampil, beriman, berilmu pengetahuan dan beraqlak mulia. Misi, melaksanakan pendidikan yang bernuansa Islami, meningkakan kualitas civitas akademika, mengoptimalkan semua potensi yang ada baik tenaga mau pun sarana dan prasarana, mengoptimalkan pembinaan kegiatan keagamaan, mengoptimalkan kegiatan extrakurikuler, memberdayakan lingkungan hidup bersih dan sehat serta peduli dengan lingkungan.

“Visi secara khusus, mulai Ramadhan 1441 H mendatang, yang akan menjadi imam Shalat Tarwih, Witir dan shalat wajib lima kali dalam sehari semalam di masjid, selama Ramadhan dalam Nagari Padang Sibusuk, adalah siswa MAN 2 Sijunjung. Tidak lagi imam yang didatangkan dari daerah luar seperti pada Ramadhan 1440 H dan Ramadhan sebelmnya,” tegas Wan Eka Putra yang putra asli Padang Sibusuk. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.