Portal Kabupaten Sijunjung

MANFAATKAN RAMADHAN UNTUK MUHASABAH DIRI

Kepala Madrasah Tasanawiyah Swasta (MTsS) Nurul Falah Kamang, Wan Eka Putra, S. Pd.I, MM.Pd, berceramah Ramadhan di Masjid Jamik Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung, Sabtu (2/6) malam.

Selain bersyukur kehadirat Allah SWT, dalam ceramahnya yang cukup panjang, Wan Eka Putra juga mengimbau jemaah Masjid Jamik agar memanfaatkan Ramadhan 1439 H untuk muhasabah diri dan mempersiapkan kematian.

“Jemaah yang hadir ini pantas bersyukur kehadirat Allah SWT, karena sudah malam Ramadhan ke-17 masih diberi kesempatan dan kekuatan oleh Allah datang ke masjid untuk beribadah. Sementara saudara kita, sampai malam ke-17 Ramadhan ini ada yang tidak sempat lagi datang ke masjid. Mungkin karena kesempatan dan kekuatannya yang telah menurun, atau imannya yang sudah turun. Entalah.

“Disamping bersyukur kehadirat Allah SWT, jemaah Masjid Jamik hendaknya juga  memanfaatkan Ramadhan 1439 H untuk muhasabah diri. Harta yang diberikan Allah SWT, untuk apa dipergunakan, karena harta yang milik kita adalah yang dibelanjakan di jalan Allah.  Usia yang dijangkakan, dalam 1×24 jam berapa yang dipergunakan untuk melaksanakan perintah Allah, berapa untuk urusan dunia dan berapa untuk perbuatan yang mengandung dosa. Hitung-hitunglah diri sebelum Tuhan menghitungnya,” pesan Wan Eka Putra.

Di sisi lain Wan Eka Putra menguraikan, dunia ini bukan tempat tinggal. Tapi tempat meninggal. Kehidupan yang kekal dan abadi adalah Akhirat. Dunia hanya tempat sementara. Artinya, setiap yang bernyawa akan mati. Kapan dan di mana matinya, itu rahasia Allah SWT. Manusia tidak mengetahuinya.

Karena setiap yang bernyawa pasti akan mati, kematian itu tidak perlu ditakuti, tapi harus dipersiapkan. Mempersiapkan kematian, kerjakan perintah Allah SWT, hentikan larangan-Nya dengan serius dan sungguh-sungguh. Artinya, takutlah kepada Allah dengan benar-benar takut, pesan Wan Eka Putra kepada jemaah Masjid Jamik. nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.