Portal Kabupaten Sijunjung

MARI BERKOMUNIKASI DENGAN BAIK JANGAN DEKATKAN DEPRESI DENGAN JIWA ANDA

Program sijunjung sehat kembali menghadirkan narasumber dari RSUD sijunjung yakni Melphi Desuspa, M.Psi psikolog dan NS. Vesdiana S,Kep dengan tema Depresi !! curhat yuk!! Hari ini, Rabu (24/1) di Radio Lansek manih. Dimana kegiatan rutin ini  dilaksanakan setiap hari Rabu mulai dari pukul 09.00  s/d 11.00.

Pembahasan yang dibahas pada kesempatan ini tentang seseorang mengalami depresi yaitu gangguan afektif yang ditandaiakan suasana perasaan yang murung, hilangnya minat dan kegembiraan, serta berkurangnya energi untuk aktivitas sehari-hari, Kondisi tersebut dapat mempengaruhi pikiran, perilaku dan keadaan fisik.

Menurut narasumber Gejala Utama terjadinya depresi adalah Kehilangan minat dan kegembiraan, Berkurangnya energi yang menuju pada meningkatnya keadaan mudah lelah (rasa lelah yang nyata sesudah kerja sedikit saja) dan menurunnya aktivitas. Gejala lainnya yaitu Konsentrasi dan perhatian berkurang,Harga diri dan kepercayaan diri berkurang, Gagasan tentang rasa bersalah dan tidak berguna, Pandangan masa depan yang suram dan pesimistis, Nafsu makan berkurang, Tidur terganggu.

Kemudian Faktor-faktor penyebab Depresi adalah Kehilangan orang yang dicintai, mungkin karena kematian, Peristiwa traumatis atau stressfull, misalnya mengalami kekerasan, deprivasi sosial yang kronik atau penolakan sosial,Penyakit fisik yang kronis, Obat-obatan atau narkoba, Adanya penyakit mental lain yaitu Seseorang yang mempunyai orangtua atau saudara kandung yang mengalami depresi akan mengalami peningkatan resiko mengalami depresi juga.

Oleh karena itu Pencegahan depresi dapat dilakukan dengan membangun suasana perasaan yang baik, nyaman dan menyenangkan bagi pasien Rajin beribadah, Membangun hubungan yang mendukung, Ikut kegiatan sosial atau komunitas/ organisasi, Berpikir positif,Melakukan hal-hal yang disukai, Mengembangkan hobi yang disenangi, Olahraga, Makan makanan sehat, bersyukur,-Dwita_Kominfo@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.