Portal Kabupaten Sijunjung

MELALUI MEDIA TRADISIONAL, DISKOMINFO BERIKAN PEMAHAMAN BERINTERNET SEHAT

Dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Sijunjung Dinas Komunikasi dan Informatika Sijunjung adakan diseminasi Informasi melalui Media Tradisional mengenai penggunaan internet sehat dan penyalahgunaan narkoba pada Sabtu Malam (10/2).

Kegiatan ini dilaksanakan di Perkampungan Adat Jorong Padang Ranah Kenagarian Sijunjung yang dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Rizal Efendi, SE, Kabid Pengelola Informasi dan Komunikasi Publik, Aslinda Guslen, SH, MM, Ketua KAN, Niniak mamak serta masyarakat sekitar.

Kegiatan sosialisasi bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada warga Padang Ranah terkait penyalahgunaan narkoba dan penggunaan akun jejaring sosial (sosmed) seperti facebook, twitter, instalgram dan lain-lain secara bertanggung jawab.

Diseminasi Informasi melalui Media Tradisional ini menjadi sebuah daya tarik untuk mengumpulkan dan mengajak masyarakat mendengarkan penjelasan tentang penggunaan Internet Sehat, penggunaan media sosial dan penyalahgunaan narkoba.

Kesenian randai merupakan salah satu permainan tradisional di Minangkabau yang dimainkan secara berkelompok dengan membentuk lingkaran, kemudian melangkahkan kaki secara perlahan, sambil menyampaikan cerita dalam bentuk nyanyian secara berganti-gantian. Randai menggabungkan seni lagu, musik, tari, drama dan silat menjadi satu.

Warga Padang Ranah pun sangat terhibur dengan kesenian yang dibawakan oleh Grup Randai Bungo Rampai dari Nagari Permatang Panjang.

Dalam sosialisasi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Rizal Efendi, SE memberikan sejumlah pemahaman terkait pengguan Internet Sehat, Penggunaan Media Sosial dan memberikan pemahaman kepada anak-anak (generasi muda) yang berpendidikan tentang bahayanya  penggunaan narkoba.

“Media sosial ini memang memiliki banyak hal positif tapi kalau sampai disalahgunakan semua akan membawa dampak serta pengaruh yang sangat buruk bagi masa depan anak-anak di zaman sekarang ” ujarnya.

Ia berharap kedepannya agar budaya-budaya asli minang dilestarikan oleh generasi-generasi muda, dengan bangkitnya budaya tersebut generasi muda tahu akan budaya alam minangkabau tentunya.(Noven/[email protected])

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.