Portal Kabupaten Sijunjung

MELALUI RAPAT KOORDINASI, WUJUDKAN KETAHANAN PANGAN DI SIJUNJUNG

Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Sijunjung, Pemerintah Daerah melalui Dinas Pangan dan Perikanan mengadakan rapat koordinasi dewan ketahanan pangan di Hotel Bukik Gadang Muaro, Rabu (19/12).

” Rakor ini mengusung tema sinergitas program dalam rangka pengawasan keamanan pangan di Kabupaten Sijunjung”, ungkap Kepala Dinas Pangan dan Perikanan, Yulizar.

Ia juga mengatakan tujuan dari kegiatan ini, untuk meningkatkan pemahaman pemerintah dan masyarakat tentang berbagai hambatan pemenuhan hak atas pangan.

” Oleh karena itu, perwujudan ketahanan pangan merupakan tanggung jawab pemerintah, masyarakat, pengusaha, stakeholder dan pemangku kepentingan lainnya”, jelasnya.

Kegiatan ini merupakan wadah koordinasi untuk meningkatkan kemandirian pangan melalui sinergi program pembangunan ketahanan pangan mendukung kedaulatan dan kemandirian pangan di Kabupaten Sijunjung.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung, Zefnihan, berharap rekomendasi yang dihasilkan dalam rakor itu bisa menjadi landasan dalam penyelesaian persoalan ketahanan pangan yang meliputi aspek ketersediaan, aksesibilitas, konsumsi dan keamanan pangan serta penanganan daerah rawan/rentan pangan dan gizi secara berkesinambungan.

“Sangat diperlukan komitmen dan koordinasi bersama guna menindaklanjuti rekomendasi rapat koordinasi ini sebagai cerminan yang tertuang di dalam Undang-Undang, kebijakan, program dan penganggaran harus terus ditingkatkan dengan berbagai terobosan dan inovasi,” ungkapnya.

“Untuk itu, melalui forum ini diharapkan terbentuk sinergitas kebijakan, program dan peranan masing-masing instansi, baik ditingkat pusat maupun daerah, serta dukungan dari swasta dan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam mengimplementasikan kebijakan dan program di bidang pangan,” harapnya.

Dalam rakor tersebut dihadiri Kepala Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat, Kepala Bulog Divre Solok, Kepala BPOM wilayah Sijunjung dan Dharmasraya, Anggota Ketahana Pangan Kabupaten Sijunjung, Anggota Pokja Teknis, Sekterariat serta stakeholder terkait lainnya.(Dicko/Noven-kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.