Portal Kabupaten Sijunjung

MERIAHKAN HUT KABUPATEN, SIJUNJUNG GELAR REKOR MURI MANUMBUAK PADI DENGAN LASUANG DAN GEBYAR PAUD

Pemerintah Kabupaten Sijunjung dalam memeriahkan hari puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten yang ke-69 menggelar festival manumbuk padi dengan lasuang dan Gebyar Paud melukis sepanjang 1,5 km untuk memecahkan rekon MURI, pada Kamis (15/2) mulai dari Gedung bersama sampai depan Bank Nagari Muaro Sijunjung dengan panggung utama di depan Gedung Pancasila.

Festival Manumbuak padi dengan lasuang ini digelar untuk menghidupkan kembali tradisi leluhur. Lasuang atau lesung merupakan alat untuk menumbuk padi pada masa lalu.

Dalam budaya Minangkabau, lasuang merupakan salah satu tempat untuk bermain dengan sesama, lasuang juga tempat mendapatkan pengalaman hidup. Seorang ibu tidak hanya memberikan nasehat ketika berada di rumah saja, namun si anak juga bisa mendapatkan petuah-petuah disaat berada di lokasi lasuang.

Festival Manumbuak padi ini diikuti oleh ibu-ibu perwakilan OPD dan Organisasi Wanita mulai dari Nagari sampai Kecamatan se Kabupaten Sijunjung.

Selain itu, dalam memeriahkan HUT Kabupaten Sijunjung juga digelar gebyar paud melukis di ataskain putih sepanjang 1,5 km yang diikuti anak-anak Paud sebanyak lebih kurang 5000 orang untuk memecahkan rekor Muri.

Kegiatan diikuti oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Wakil Bupati Arrival Boy, Ketua DPRD, Sekdakab, Ketua TP PKK, Kepala OPD terkait, Forkopimda. Turut dihadiri oleh Dirjen Kebudayaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Indo Jalito, juga penyanyi legendaris asal Minangkabau Eli Kasim serta seluruh masyarakat Kabupaten Sijunjung.

Kegiatan juga diisi dengan pertunjukkan kesenian dari siswa-siswi SD, SMP dan SLTA, Peragaan busana kain tenun Unggan, serta hiburan lainnya.(Tim Kominfo/tia)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.