• Subscribe

    Your Name (required)

    Your Email (required)

    Subject

    Your Message

(0754) 20064
[email protected]

MUSRENBANG KABUPATEN SIJUNJUNG TAHUN 2017

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin secara langsung membuka acara Musrenbang Kabupaten yang akan diselenggarakan selama 2 hari mulai dari tanggal 14 sampai 15 Maret 2017 di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung. Pembukaan Musrenbang Kabupaten dihadiri oleh Wakil Bupati, Sekda, Seluruh Kepala OPD, Camat, Wali Nagari, Unsur Masyarakat se Kabupaten Sijunjung dan juga dihadiri oleh Kepala Bappeda Provinsi, Kepala Bappeda Sawahlunto serta Kepala Bappeda Kabupaten Kuansing.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Badan Perencana Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabuapeten Sijunjung. Penyelenggaraan Musrenbang merupakan salah satu tugas Pemerintah Daerah untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Musrenbang juga merupakan forum pendidikan bagi warga agar menjadi bagian aktif dari tata pemerintahan dan pembangunan. Musrenbang adalah sebuah mekanisme yang benar-benar menjadi wadah dalam mempertemukan apa yang dibutuhkan masyarakat dan bagaimana Pemerintah merespon hal tersebut.

Musrenbang memerlukan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, hal ini dapat diartikan sebagai keikutsertaan masyarakat dalam pembangunan, ikut serta dalam pemanfaatannya dan menikmati hasil-hasil pembangunan. Partisipasi ini dapat dimulai dari tahap menentukan mana yang akan dituju dan apa yang akan dihasilkan, yang biasanya disebut dengan tahap rumusan kebijakan dan rencana. Selanjutnya diikuti dengan partisipasi pada tahap menentukan cara untuk mencapai tujuan dan mempertaruhkan sumber daya agar tujuan dapat tercapai. Sehingga pada akhirnya partisipasi akan sampai pada tahap mencapai kesamaan pandangan tentang bagaimana memantau dan menilai hasilnya. Dengan demikian secara umum dapat dikatakan bahwa partisipasi dapat dimulai dari tahap perumusan kebijakan dan penyusunan rencana, tahap implementasi sampai tahap pemantauan/pengawasan dan evaluasi.

Terlepas dari semua ini, diharapkan komunikasi partisipatif antara pemerintah dan masyarakat senantiasa terwujud dengan efektif agar pembangunan di daerah kita berjalan sesuai dengan kebutuhan dan tepat sasaran. Karena pembangunan tidak akan bergerak maju apabila salah satu saja dari tiga komponen tata pemerintahan (pemerintah, masyarakat, swasta) tidak berperan atau berfungsi. (mega-diskominfo)@sijunjung.go.id

Leave a Reply

error: Mouse Klik kanan anda rusak !!