Portal Kabupaten Sijunjung

Nilai Taqwa Sangat Tinggi

Sijunjung. MC. Sijunjung, – Nilai taqwa itu sangat tinggi. Melebihi segala yang ada di atas dunia ini. Karena sangat tinggi, tidak semua umat Islam mampu meraih, meski Allah SWT sudah menunjukan cara dan jalan untuk mencapainya.

Disamping nilainya sangat tinggi, taqwa hanya diperuntukan Allah SWT bagi orang beriman. Terhadap orang tidak beriman Allah tidak menjanjikannya, kata buya H. Ismail, Rabu (15/5), di Muaro Sijunjung.

Nilai taqwa yang sangat tinggi dan diperuntukan bagi orang beriman, dijelas Allah SWT melalui firman-Nya ‘yaayyuhallazi na’amanu kutibaalaikum mussiham kama kutiba alallazina mingkablikum laallakum tattakun. Hai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu bersahum (berpuasa) sebagaimana orang-orang sebelum kamu, mudah-mudahan kamu bertaqwa.’

Yang diseru berpuasa oleh Allah SWT hanya orang yang beriman, dengan harapan mencapai taqwa. Bila Surat Al Baqarah (ayat 183) ini dicermati dan dihayati, yang diharapkan Allah terhadap orang beriman yang berpuasa, adalah taqwa. Tidak menjadi bupati dan gubernur serta tidak menjadi presiden dan miliarder.

“Karena ini firman Allah, makanya saya katakan nilai taqwa sangat tinggi. Melebihi segala yang ada di atas dunia ini. Walau sangat tinggi, namun cos untuk mendapatkannya tidak mahal. Tidak semahal menjadi bupati, gubernur dan presiden,” jelas buya.

Sesuai firman Allah, untuk mencapai taqwa, kaum muslimin hanya diwajibkan berpuasa pada bulan Ramadhan. Sedangkan untuk menjadi bupati, gubernur dan presdiden, kandidat harus menyiapkan uang miliran rupiah.

“Makanya saya katakan biaya untuk mendapatkan taqwa tidak semahal menjadi bupati, gubernur dan presiden. Sayang, itu pun tidak semua umat Islam mampu meraihnya,” tandas Ismail.

Menurut buya, ciri-ciri umat Islam yang bertaqwa, antara lain mau monolong dan membantu orang yang sedang kesusahan, memiliki kasih sayang terhadap sesama, mengerjakan perintah Allah dan menghentikan larangan-Nya.

“Karena sekarang kita sedang berada dalam Bulan Suci Ramadhan 1440 H, kesempatan baik bagi kaum muslimin dan muslimat untuk mengevaluasi diri. Apakah kita sudah termasuk orang yang bertaqwa atau belum. Kalau belum, sebagaimana firman Allah, dirikanlah puasa sebaik dan sesempurna mungkin serta penuh perhitungan,” imbau buya kepada kaum muslimin. –nas

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.