Portal Kabupaten Sijunjung

Parpora Adakan Festival Lagu Minang

Muaro. MC. Sijunjung, – Memeriahkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ke-70 tahun 2019, aparatur Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) setempat gelar berbagai kegiatan. Satu diantaranya festival lagu Minang.

“Festival lagu Minang yang menyediakan piala, piagam penghargaan dan uang tunai untuk peserta yang berhasil meraih juara, rencananya dilaksanakan Minggu (17/2), pada lokasi pameran dan bazar di jalan Lansek Manih (jalan dari Pasar Jumat ke Kandang Baru),” kata kepala Dinas Parpora Kabupaten Sijunjung, Yofritas, ST, MT, Jumat (1/2) di ruang kerjanya.

Pada festival lagu Minang itu, pesertanya terbuka untuk putra dan putri dari dalam dan luar Kabupaten Sijunjung, dengan usia antara 14 sampai 27 tahun, ulas Yofritas.

Kreteria festival, pengambilan nada dan nomor lot dilakukan pagi sebelum festival dimulai. Peserta menyanyikan sebuah lagu wajib dan lagu pilihan yang ditentukan panitia. Diiringi dengan organ tunggal, lagu wajib dinyanyikan pada babak penyisihan. Sedangkan pada babak final, disamping lagu wajib, peserta juga menyanyikan lagu pilihan.

Lagu wajib yang akan dinyanyikan peserta putra, antara lain Ulah Talampau Arok, Samiang Sanang Alun, Pitaruah Janji, Parmato Baikek Loyang, Makan Hati, Kandak Rang Tuo, Bayang Bayang Rindu dan Balabiah Bana. Lagu pilihan, Indak Rotan Aka Pun Jadi, Janjang Ka Langik, Kain Pandukuang, Rang Paladang dan Sibuah Ninpi.

Sedangkan lagu wajib yang akan dinyanyikan peserta putri, Cincin Bapulangan, Manjalang Denai, Basandiang Bukan Jo Cinto, Baluluah Tangi Ka Dado, Cinto Basangketo, Dibuai Luko, Galau Hati Ibo dan Putuiuh Dalam Bajanji. Lagu pilihan, Tarok Tapian Baro, Dek Jua Maha, Putuih Cinto, Capek Pulang, Laruik Dek Rindu, Manih Manih Raso Madu dan Awak Ndak Ajan.

Dewan juri yang dipercaya melakukan penilaian, terdiri dari tokoh akademis, budayawan dan seniman tradisional. Yang dinilai meliputi teknik, vokal, penampilan dan kostum.

Bagi yang berminat mengikuti festival lagu Minang pariwisata Sijunjung ini, silahkan mendaftarkan diri pada Kantor Dinas Parpora Kabupaten Sijunjung bidang pemasaran pariwisata, di lantai III gedung Kantor Bersama, kompleks Pasar Inpres Muaro Sijunjung, paling lambat Jumat (8/2). Contak person, Irfan Sofyan (081266639833), Ridho Genta (082170152969) dan Indra Gusti (081267457299).

Disamping lagu Minang, festival lain yang digelar aparatur Dinas Parpora dari 11 sampai 18 Februari 2019 guna memeriahkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ke-70, qasidah rabana, randai, talempong pacik, tari piring serta lagu Minang duet antar OPD yang dikemas dalam festival Lansek Mani, jelas Yofritas. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.