Portal Kabupaten Sijunjung

Parpora Adakan Festival Randai

Muaro. MC. Sijunjung, – Memeriahkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ke-70 tahun 2019, pemerintah daerah setempat menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam bentuk hiburan, perlombaan, pertandingan dan bakti sosial di beberapa tempat dari 1 Februari  sampai 15 Maret.

Satu diantara berbagai kegiatan itu adalah festival kesenian tradisional randai, diselenggarakan oleh aparatur Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kabupaten Sijunjung dari Selasa sampai Kamis (12-14/2), pada lokasi pameran dan bazar  di jalan Lansek Manih (jalan dari Pasar Jumat ke Kandang Baru).

“Festival randai yang digelar, menyediakan piala, piagam penghargaan dan uang tunai untuk peserta yang berhasil meraih juara,” kata kepala Dinas Parpora Kabupaten Sijunjung, Yofritas, ST, MT, Rabu  (6/2), di ruang kerjanya.

Pada festival randai itu, pesertanya grup randai di kecamatan yang telah dibina oleh tim pembina Kabupaten Sijnjung. Setiap kecamatan diharapkan mengirim utusan dua grub yang masing-masing grup beranggota maksimal 25 orang termasuk pemusik dan ofisial.

Kreteria festival, masing-masing grub wajib menyerahkan tiga rangkap naska randai sebelum penampilan. Lama pertunjukan 45 sampai 60 menit dihitung mulai gelombang masuk. Cerita diharapkan cerita rakyat berupa kaba asli Minangkabau dan lebih baik bila menceritakan tradisi setempat. Untuk menjaga etika dan estetika randai, pemain gelombang seluruhnya laki-laki. Memakai celana (sarawa) galembong dan tidak dibenarkan memakai rok. Tidak dibenarkan mendendangkan lagu diluar dendang Minangkabau.

Dewan juri yang dipercaya melakukan penilaian, terdiri dari tokoh akademis, budayawan dan seniman tradisional. Yang dinilai meliputi gelombang, gurindam, musik, kostum dan ketepatan waktu.

Grub randai yang akan  mengikuti festival, silahkan mendaftarkan diri pada Kantor Dinas Parpora Kabupaten Sijunjung bidang pemasaran pariwisata,  di lantai III  gedung Kantor Bersama, kompleks Pasar Inpres Muaro Sijunjung, paling lambat Jumat (8/2). Contak person, Irfan Sofyan (081266639833), Ridho Genta (082170152969) dan Indra Gusti (081267457299).

Disamping  kesenian tradisional randai, festival lain yang digelar aparatur Dinas Parpora dari 11 sampai 18 Februari 2019 guna memeriahkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ke-70, lagu Minang, qasidah rebana,  talempong pacik, tari piring serta lagu Minang duet antar OPD yang dikemas dalam festival Lansek Manih, jelas Yofritas. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.