• Subscribe

    Your Name (required)

    Your Email (required)

    Subject

    Your Message

(0754) 20064
[email protected]

PASAK BUMI BONCAH NAGARI TANJUNG LABUH

Beberapa tahun terakhir, Bapak Agusnali rutin mengolah Pasak Bumi menjadi ramuan tradisional yang memiliki banyak khasiat diantaranya untuk menambah stamina, mengobati demam malaria, mencegah diabetes serta menurunkan kadar gula darah.

Mantan anggota DPRD Kabupaten Sijunjung ini menjadikan Pasak Bumi Boncah sebagai usaha rumahan yang dirintis sejak Tahun 2014. Saat ini Bapak Agusnali telah memilki 3 orang karyawan tetap dan beberapa orang karyawan lepas. UKM ini memproduksi sekitar 500 sampai 600 kg per minggu dengan harga per kg Rp.50.000,00. Produk ramuan tradisionalnya telah rutin dipasarkan ke Jakarta dan beberapa daerah di Sumatera.

Berawal dari informasi yang diperolehnya bahwa Pasak Bumi banyak ditemukan di wilayah Kalimantan, Pria berusia lima puluh tiga tahun ini mencoba mencari bahan baku tersebut di daerahnya sendiri. Bapak Agusnali yang bertempat tinggal di Nagari Tanjung Labuh Jalan Kumanis-Sumpur Kudus Kabupaaten Sijunjung teringat sewaktu kecil orangtuanya sering membawa Pasak Bumi ke rumah sepulang dari hutan untuk mengobati sakit perut.

Pada tahun pertama usahanya, Bapak Agusnali mencoba mengolah Pasak Bumi dalam kemasan batangan untuk dikirim ke Jakarta, namun dalam perjalanan produknya berjamur. Lalu ia mencoba dengan memotong kecil-kecil tetapi karena proses pengiriman dengan kapal, produknya kembali berjamur.

Kemudian ditemukan solusi oleh rekan bisnisnya dengan mendatangkan mesin pemotong dari Jakarta ke Padang. Awal tahun 2015, pemotongan dilakukan di Padang dengan mengirimkan bahan baku dari Sijunjung. Setelah dipelajari, Bapak Agusnali berhasil merakit mesin sendiri sehingga proses pengolahan, pengemasan dan pemasaran dilakukannya secara mandiri.

Saat ditanya di kediamannya mengenai keterjaminan bahan baku Pasak Bumi Boncah yang dimilikinya, ia menjamin bahan baku produknya tersedia hampir di seluruh wilayah Sijunjung dan Sumatera Barat mulai dari yang berwarna hitam, putih, maupun merah.

Sampai saat ini Bapak Agusnali telah menyempurnakan kemasan produknya dengan lebih menarik dan tahan terhadap jamur. Ia berharap dapat mengembangkan pemasaran produknya tidak hanya ke Jakarta tetapi juga ke seluruh Indonesia bahkan sampai ke luar negeri dengan brand sendiri. (mega-diskominfo)@sijunjung.go.id

Leave a Reply

error: Mouse Klik kanan anda rusak !!