Portal Kabupaten Sijunjung

PELATIHAN PENDIDIK DAN KONSELOR SEBAYA SIJUNJUNG, GUNA PROMOSIKAN PROGRAM GENRE

Dalam mewujudkan keterampilan pendidik sebaya dan konselor sebaya dalam mempromosikan Program Generasi Berencana (GenRe) melalui jaringan komunikasi di lingkungan sekolah dan menyiapkan remaja sehat, berakhlak dan berbudi pekerti luhur. Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sijunjung menggelar Kegiatan pembinaan bagi pendidik dan konselor sebaya tingkat Kabupaten Sijunjung Tahun 2018, bertempat di Hotel Bukik Gadang, Rabu (25/4).

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari 25 sd 26 April 2018, diikuti oleh siswa/siswi yang bertugas sebagai pendidik dan konselor sebaya pada Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) dan berasal dari sekolah lanjutan pertama dan lanjutan di Kabupaten Sijunjung sebanyak 15 sekolah.

PIK-R adalah Pusat Informasi dan Konseling Remaja yang juga wadah kegiatan PKBR (Pusat Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya.

Pelatihan dibuka Kadis DPPKB, Dra Rina Defita, EP.MM, yang dalam sambutannya mengatakan masa remaja adalah masa transisi yang unik, khusus yang ditandai berbagai perubahan fisik, emosional dan psikis.

” Hal ini bisa membingungkan remaja yang mengalaminya, oleh sebab itu mereka perlu bimbingan, dukungan dan pengertian lingkungan sekitar agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasa yang sehat fisik dan mental”, ucapnya .

“Selanjutnya melalui pelatihan ini diharapkan peserta bisa menjadi konselor yang handal, berkualitas dan mampu memberikan informasi, konseling dan pelayanan tentang permasalahan remaja sekitarnya, sehingga konselor remaja peduli dan peka terhadap permasalahan teman-teman remaja sekitarnya”, harapnya . [email protected]

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.