Portal Kabupaten Sijunjung

PELATIHAN SMART CLASS, PENERAPAN KONSEP PEMBELAJARAN ABAD 21

Aparatur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung adakan Pelatihan Smart Class yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Wisma Keluarga Muaro Sijunjung, Selasa hingga Jumat, 7-10 Agustus 2018.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Pusat Teknologi dan Komunikasi (Pustekom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI).

” Pelatihan smart class ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada guru tentang penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran di kelas”, kata Kasi Kurikulum dan Ketenagaan Bidang SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs.Syukur.MM selaku ketua pelaksana pada saat menyampaikan laporannya, Selasa (7/8).

Dikatakan Syukur, Pelatihan yang diikuti oleh 70 orang peserta terdiri dari 35 orang guru SD dan 35 orang guru SMP ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, penerapan konsep pembelajaran abad 21 di dalam kelas serta penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran dan controling pembelajaran.

” Materi kegiatan ini adalah Konsep Mart Class untuk pembelajaran abad 21 sesuai dengan kurikulum 2013, model pembelajaran yang mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran, portal rumah belajar pada kelas maya untuk pembelajaran, pengelolaan pembelajaran smart class dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar tersedia, media pembelajaran dalam smart class (media presentasi interaktif) dan media pembelajaran dalam smart class (media video)”, katanya.

Metode yang digunakan dalam pelatihan ini dikatakannya menggunakan metode kombinasi dari berbagai metoda kegiatan andragogi yang disesuaikan dengan karakteristik topik dan tujuan yang akan dicapai, meliputi ceramah, diskusi, simulasi dan praktek.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung, Ramler, SH.MM dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Pustekom Kemdikbud RI, Drs Kusnandar, M.Pd beserta rombongan atas kerjasamanya dalam pelatihan Smart Class serta ucapan selamat datang di Ranah Lansek Manih.

” Seperti kita ketahui, pembelajaran smart class adalah pelajaran yang menempatkan komputer, teknologi informasi dan komunikasi sebagai bagian inti dari pembelajaran didalam kelas, sehingga membuat kelas tersebut menjadi pintar dan hebat. Pintar siswanya (kompetensi abad 21 siswa berkembang) dan pintar metode/cara pembelajarannya”. sambung Ramler.

” Untuk itu, dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi guru tentang penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran, penilaian dan pemantauan pembelajaran peserta didik, terimplementasinya proses pembelajaran berbasis TIK didalam kelas, secara bertahap terwujud kelas pintar (smart class) pada satuan pendidikan di Kabupaten Sijunjung dan menghasilkan data yang akurat dan valid,” harap Ramler.

” Untuk itu diharapkan keseriusan serta partisipasi dan kontribusi maksimal dari semua pihak yang terlibat demi kemajuan pendidikan Nasional, terutama di Kabupaten Sijinjung ini”, tutupnya. (Andri Kampay)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.